MTT Y2K Superbike, Monster dengan Kecepatan 445 Km/Jam!

MTT Y2K Superbike, Monster dengan Kecepatan 445 Km/Jam!

Shared by Motovaganza.com for IIMS

JAKARTA, Motovaganza.com — Mendengar nama Kawasaki H2 atau Suzuki Hayabusa yang melintas di kepala kita adalah motor dengan kecepatan wah. Mesin 998cc 4 silindernya mampu menghantar H2 mencapai 295 km/jam. Hayabusa lebih hebat lagi. Dengan mesin 1.299cc ia bisa melesat 303 km/jam. Eits, tunggu dulu. Ternyata kedua motor itu tak ada apa-apanya dibandingkan motor yang satu ini: MTT Y2K.

Yap, MTT singkatan dari Marine Turbine Technologies punya motor Y2K Superbike. Kemampuan motor ini membuat H2 dan Hayabusa seperti kehilangan taji. Sosok mengerikan ini bisa menembus 445 km/jam lebih, serta berakselerasi secepat kilat. Kemampuannya menyamai kecepatan yang dibuat supercar Keonigsegg Agera atau Bugatti Chiron.

Anda memang tak salah baca. Di balik fairing besar, sesosok monster bersembunyi. Ia dibekali mesin Rolls-Royce Allison 250-C20 Series Gas Turbine yang menjadi sumber tenaga dan ditranslasikan ke roda belakang. Perlu dipahami, mesin RR itu bukan warisan dari mobil. Melainkan mekanisme yang digunakan untuk menerbangkan helikopter, bahkan beberapa pesawat Cessna.

Wajar saja output mencapai 420 Hp, sesuai label yang tertera di fairing (420 R). Tenaga maksimal bahkan keluar di 52.000 rpm, putaran yang sangat tinggi. Sementara torsi, mencatat angka 677,9 Nm, bisa digapai mulai 2.000 rpm. Jika disamakan, kekuatannya sepantar BMW M3.

Dengan rangkaian aluminium serta bodi dan pelek carbon fiber murni, motor ini hanya berbobot 226 kg. Akselerasinya tuntas dalam 5,2 detik, untuk 0-300 km/jam. Kalau hanya untuk menyentuh 100 km/jam tentu perkara mudah. Dua kali kedipan mata pun belum tentu lebih cepat. Ia sanggup menyelesaikan tugas itu hanya dalam 1,5 detik. Ya, transmisi otomatis dua percepatan itu bekerja sempurna. Karena itulah, ia dinobatkan sebagai motor produksi massal paling bertenaga. Sekaligus legal digunakan di jalan raya.

Spesifikasi

Lantaran spesifikasinya ini, MTT Y2K tak bisa sembarangan meminum bahan bakar. Di samping kerosene (bahan bakar jet), solar beroktan tinggi pun bisa ia mium. Kapasitas tangkinya besar, mencapai 34 liter.

Dari wujudnya memang beda kalau tidak dibilang aneh. Dari samping tampak seperti orang gigantisme. Posturnya tak normal ketimbang sport fairing lain. Secara kasat mata bisa dilihat, jarak sumbu roda begitu panjang. Menandakan tak gesit dibawa manuver patah. Jagonya memang di trek lurus, atau paling tidak melewati sudut tikungan lebar.

Bicara konstruksi, motor ini dibuat khusus dari aluminium super tebal. Berpadu dengan swing arm dari bahan sejenis dan fork upside-down berdiameter besar. Selanjutnya grip ke aspal diprakarsai ban Pirelli 17 inci 120/60 di depan dan 200/50 di belakang. Tentu dengan alur semi slick supaya traksi optimal.

Fasadnya juga tak menyiratkan seorang jagoan. Bahkan sedikit tampak “konyol”, gara-gara dua lampu berjauhan. Tapi semua itu tak menghilangkan selera. Seorang Jay Leno saja, Host The Tonight Show di saluran NBC, sekaligus kolektor mobil dan roda dua ternama, terpikat dan memiliki satu unit motor seharga Rp 2 miliar lebih ini.

Sumber: Zigwheels, Marine Turbine

Baca Juga: MTT Y2K Superbike: Melesat Kilat Berkat Turbin Pesawat

HELMI ALFRIANDI | RAJU FEBRIAN

The post MTT Y2K Superbike, Monster dengan Kecepatan 445 Km/Jam! appeared first on Motovaganza.

Original Article