MotoGP Virtual Race, Marc Marquez Keok di Tangan Adiknya

MotoGP Virtual Race, Marc Marquez Keok di Tangan Adiknya

Shared by Motovaganza.com for IIMS

JAKARTA, Motovaganza.com – Juara Dunia Moto2, Alex Marquez, menjadi pembalap pertama yang memenangi gelar juara pada debutnya di MotoGP. Ia menjadi pembalap yang melakukannya setelah Max Biaggi pada 1998. Ups, jangan salah dulu. Pembalap Repsol Honda itu memang menjadi juara tapi hanya Virtual MotoGP Race.

Balapan MotoGP 2020 tengah ‘postpone’ lantaran merebaknya pandemi Virus Corona. Sebagai bagian dari program #StayAtHomeMotoGP, Dorna Sports selaku penyelenggara MotoGP, menggagas sebuah balapan virtual dengan melombakan para rider kelas utama. Sebanyak 10 pembalap berpartisipasi pada balapan Minggu (29/3/2020) malam kemarin.

Formatnya sedikit berbeda dengan sirkuit. Tidak ada sesi latihan bebas, melainkan langsung ke babak kualifikasi. Waktunya hanya 5 menit. Pembalap Yamaha SRT, Fabio Quartararo, tampil sebagai yang tercepat, diikuti Francesco Bagnaia (Pramac Racing) dan Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) di tiga besar.

Tapi ternyata, berada di baris depan tak menjamin podium, sama seperti balapansungguhan. Seperti dilansir motogp.com, lepas lampu merah padam, Vinales tampak meyakinkan dengan mengambil urutan paling depan. Sayang di tikungan pertama, ia tersambar Quartararo yang terjatuh. Sementara itu, Alex Marquez, Francesco Bagnaia dan pembalap lainnya lolos dari insiden. Dari sinilah kemudian terlihat, kepiawaian kedua rider muda itu memainkan joystick. Alex begitu rapi menaklukkan curb serta menjaga racing line. Dengan begitu, dia mampu meninggalkan Bagnaia di belakang.

Bagnaia sendiri bukan tanpa usaha. Putaran demi putaran dilahapnya dengan konsisten, agar bisa mengejar adik kandung Marc Marquez itu. Tapi, upaya tersebut gagal lantaran ia sempat terjatuh di final lap. Mestinya situasi itu bisa dimanfaatkan Marquez yang menghuni urutan ketiga. Namun, sang kakak tampak harus belajar banyak dari Alex. Alih-alih memburu dua rider di depan, sang juara dunia MotoGP malah beberapa kali terjatuh.

Marc Marquez Finish ke-5

Sialnya, kelemahan Marquez itu memberi keuntungan bagi Vinales dan Quartararo. Pascainsiden pertama tadi, dua rider Yamaha ini tampak agresif mengendarai YZR-M1. Dan, sering kali pula mereka tersungkur di sisi lintasan. Kejatuhan mereka mungkin lebih banyak dari Marquez. Tapi Vinales bisa merebut posisi Marquez, bahkan di-overtake pula oleh Quartararo. Kejar-kejaran seru juga melibatkan Jian Mir dan Alex Rim (Team Ecstar Suzuki) dan Iaker Lecuona (Red Bull KTM Tech 3).

Vinales akhirnya bisa mengamankan podium ketiga. Dilanjutkan Quartararo (posisi 4) dan Marquez yang harus rela menempati urutan kelima. Sedangkan Bagnaia sementara ini mesti puas finis kedua, di belakang Alex setelah melakoni balap selama 6 lap.

Marquez mengaku tetap senang bisa finish. “Saya tahu satu-satunya kesempatan saya adalah tidak terlibattabrakan,” kata juara dunia 8 kali itu seperti dilansir motogp.com. “Saya start dengan baik dan menemukan rite tapi kemudian ada tabrakan. Saya memulai balapan di posisi kelima dan finis posisi lima, so, top-five di Mugello dengn Honda dan riding style saya rasanya tidak masalah.”

The first #MotoGP Virtual Race is now in the history books! 📚🎮

Thank you to everyone involved, we hope the #StayAtHomeGP brightened your day in these difficult times 😊

Thank you all for tuning in and remember to #StayAtHome 🏡 pic.twitter.com/tldJYPzLFv

— MotoGP™🏡🏁 (@MotoGP) March 29, 2020

Set Up Motor

Alex mengaku senang jadi pemenang. Ia mengaku menjalankan beberapa strategi. “Senang bisa memenangkannya karena sebelumnya saya bukan yang tercepat. Saya coba untuk menghindari kontak dengan pembalap lain. Dan saya ingin mengucapkan terima kasih juga kepada Putu Maulana yang sudah memberikan tips untuk set up motor. Saya bahkan tidak membagikannya kepada Marc, karena dia adalah rival,” ucap Alex saat pertandingan disiarkan langsung melalui Youtube MotoGP.

Sebagai informasi, Putu dikenal sebagai atlet eSport MotoGP asal Indonesia. Tak main-main, dia bahkan dikontrak profesional oleh LCR Honda. Wajar bila Alex ‘berguru’ kepada pemuda asal Banjarbaru, Kalimantan Selatan ini. Sudah semestinya pula rider MotoGP menempuh cara demikian. Karena joki dunia maya seperti Putu, pastilah lebih kenal ‘medan’.

Alex sendiri berharap virtual race kedua bisa dihelat lagi oleh Dorna. Bahkan, rasa penasaran itu diungkap juga oleh Alex Rins. Pembalap Suzuki Ecstar ingin segera balapan lagi. Informasi terkini, balapan kedua bakal dilangsungkan 12 April 2020. Sepuluh rider yang andil di putaran pertama dipastikan kembali ikut serta. Bahkan ada kemungkinan diikuti oleh pembalap tim pabrikan Ducati dan KTM. Kita tunggu keseruannya!

Hasil MotoGP Virtual Race Mugello:

Sumber: motogp.com

Baca Juga: MotoGP: Dorna Gelar Virtual Race Pertama, Adik Marc Marquez Jadi Juara

ARY DWINOVIANSYAH | RAJU FEBRIAN

The post MotoGP Virtual Race, Marc Marquez Keok di Tangan Adiknya appeared first on Motovaganza.

Original Article