Modifikasi Motor Tak Dilarang, Tapi Sebaiknya Hindari dan Jangan Lakukan Ini..

Modifikasi Motor Tak Dilarang, Tapi Sebaiknya Hindari dan Jangan Lakukan Ini..

Shared by Naikmotor.com for IIMS

NaikMotor – Motoris tentunya ada yang suka banget sama kegiatan modifikasi motor, karena selain menyalurkan ide, otomatis juga bikin motor tampil makin oke dan berbeda. Tapi, tahu gak sih, ternyata ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari saat modifikasi motor, lho..

Sebagai salah satu diler dari pabrikan motor ternama di Indonesia maupun dunia, Wahana Honda tentunya perhatian dengan keselamatan para Motoris sekalian. Oleh karena itu, Wahana pun memberikan beberapa contoh modifikasi yang sebaiknya dijauhi, bahkan kalau bisa gak usah dilirik, daripada membahayakan diri sendiri maupun orang lain, kan…

Kurang lebih ada 8 hal-hal penting dalam urusan modifikasi yang sebaiknya dijauhi, seperti yang pertama, ban cacing misalnya. Duh, sebaiknya dihindari banget untuk penggunaan ban cacing karena ukurannya yang kecil dan memang bukan ditujukan untuk pemakaian harian. Walau ada yang beranggapan itu keren, tapi risiko bahayanya tinggi, lho. Kenapa? Karena ternyata ban yang kecil otomatis daya cengkram ke aspal/tanahnya juga kecil, sehingga bisa mengganggu keseimbangan.

Kedua, sebaiknya jangan memasang mika lampu bening, ya. Meski Motoris berpendapat kalau itu keren, tapi mika lampu bening bisa bikin silau pengendara yang posisinya berada di belakang kita.

Ketiga, sebaiknya hindari pemasangan sirini atau strobo karena itu rupanya melanggar hukum. Kalau gak percaya, bisa dicek UU No. 22 Tahun 2009 pasal 134 dan 135 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Yang berhak dan boleh memasang sirine dan strobo hanya kendaraan tertentu, ya…

Keempat, ganti spion dengan yang ukurannya paling kecil. Mungkin terlihat sepele, tapi itu salah satu faktor utama perlengkapan berkedara juga, lho. Penting banget untuk membantu menjaga keselamatan dan lirik-lirik ke kendaraan di belakang kita.

Lanjut, yang kelima, nih. Jangan sampai terbujuk untuk melepas lampu sein, ya. Selain melanggar, kalau motor masih dipakai untuk kegiatan harian, sebaiknya jangan sampai dilepas walau nanti dibilang keren sama tongkronganmu karena itu jelas berbahaya.

Keenam, memangkas spakbor belakang. Sering ditemui di motor sport, nih. Walau terkesan sudah umum karena banyak yang melakukannya, rupanya spakbor yang ukurannya tidak standar itu tetap gak baik karena bisa membuat air dari bawa menyiprat ke pengendara di belakang. Duh, pengguna jalan lain jadi rugi, kan?

Kemudian, hal yang harus dihindari di urutan ketujuh adalah memotong rangka. Memotong rangka motor bisa membuat motor jadi tidak stabil. Terakhir, kedelapan, mengganti handgrip ke yang berbahan aluminium juga sebaiknya dihindari, karena bisa membuat handgrip jadi licin. Takutnya, bisa meningkatkan risiko celaka juga, lho…

Itu tadi beberapa hal yang sebaiknya dihindari kalau ingin modif motor. Utamakan keselamatan ya Motoris! (Litha/Prob/NM)

The post Modifikasi Motor Tak Dilarang, Tapi Sebaiknya Hindari dan Jangan Lakukan Ini.. appeared first on Naik Motor | Jurnal Pengendara Motor.