Mobil Listrik Bertenaga Hitachi Bakal Jadi Realita!

Mobil Listrik Bertenaga Hitachi Bakal Jadi Realita!

Shared by Autonetmagz.com for IIMS

AutonetMagz.com – Perusahaan mega elektronik asal Jepang, Hitachi berencana mengembangkan sayapnya dengan memproduksi motor listrik untuk penggunaan kendaraan listrik, dan produksinya akan dilakukan di Amerika Serikat. Bagi yang belum tahu, Hitachi adalah konglomerat multinasional asal Negeri Sakura dan merupakan salah satu perusahaan publik terbesar di dunia. Barang elektronik seperti TV di Indonesia saja pasti ada kok yang mereknya Hitachi.

Hitachi menyatakan bahwa motor listrik buatannya akan menjadi tugas bagi salah satu perusahaannya, Hitachi Automotive Electric Motor Systems America yang baru saja didirikan beberapa waktu lalu. Markas besar Hitachi Automotive Systems di negeri Paman Sam ada di kota Berea di Kentucky, lengkap dengan fasilitas perkantoran dan pabrik. Luasnya kira-kira 259.646 meter persegi.

Pendirian perusahaan baru ini akan semakin memperkuat pondasi bisnis Hitachi Automotive Electric Motor Systems dalam memperluas pasar kendaraan listrik dan menanggapi permintaan yang meningkat untuk mesin kendaraan listrik di AS,” tambah Hitachi. Hitachi juga menyampaikan masih belum ada waktu persis mengenai peluncurannya, tergantung dari situasi dan kondisi dari efek pandemi COVID-19 ini.

Sebelum pandemi, Hitachi memprediksi bahwa produksi paling tidak siap dimulai pada tahun 2022. Hitachi sebenarnya masih merahasiakan mengenai detail lengkap perusahaan yang baru dibuatnya ini bahkan belum ada omongan lebih lanjut mengenai produksi mesin kendaraan listrik ini bersama dengan bos-bos otomotif, atau justru membuat aftermarket khusus untuk kendaraan listrik. Belum pasti juga mereka akan bermain di dalam mesin untuk city car atau mobil listrik performa tinggi.

Lewat manuver Hitachi ini, bisa dilihat bahwa perusahaan asal Jepang nampaknya sedang mengejar inovasi kendaraan listrik. Memang untuk urusan ini, perusahaan elektronik biasanya yang jadi garda terdepan. Lihat saja Mitsubishi, mereka sudah mengubah arah dan memastikan kendaraan masa depan mereka akan memakai tenaga listrik melalui berbagai macam mobil konsep, mulai dari Mitsubishi Engelberg hingga Mitsubishi Mi-Tech.

Tak hanya Hitachi dan Mitsubishi, Yamaha juga sedang berjibaku dengan penciptaan motor listrik untuk dipakai di mobil-mobil masa depan. Mereka sudah mencobanya di sasis Alfa Romeo 4Cdan sejauh ini hasilnya memuaskan. Nah, apakah Hitachi berhasil dengan kepakan sayap barunya ini? kita tunggu saja kabar secepatnya ya!

Original Article