Mobil Listrik Akan Bebas PPnBM

Mobil Listrik Akan Bebas PPnBM

[stm_post_title][stm_post_image][stm_post_info]

JAKARTA – Kebijakan banyak negara yang memberikan subsidi bagi penjualan mobil listrik, akan diaplikasikan di Indonesia.

Namun bukan dalam pemberian insentif langsung, melainkan pembebasan Pajak Penjualan atas barang mewah atau PPnBM. Meski saat ini masih dalam pembahasan namun pembebasan pajak untuk mobil listrik berpeluang besar.

Hal tersebut diungkap Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian yang mengatakan saat ini pembahasan tersebut masih di tataran kementerian. Dirinya mengungkap mobil listrik hanya akan dikenakan biaya masuk sebesar 5 persen.

“Mobil listrik pada prinsipnya PPnBM di-nolkan dan bea masuk sekitar 5%. Ini masih diomongkan,” katanya di Jakarta.

Terkait finalisasi dan peluang besar pembebasan PPnBM sendiri diperkirakan bulan depan akan ramping diselesaikan. Hingga tahapan finalisasi akan merujuk pada aturan mobil listrik yang saat ini tengah digenjot populasinya di tanah air.

“Saat ini kita ingin mendorong mobil kategori Low Carbon Emission Vehicle (LCEV) dengan karbon rendah salah satunya mobil listrik, karena ini bukan barang mewah lagi. Ini mobil compact car bisa dinikmati keluarga kecil,” ucapnya.

Pemerintah sendiri saat ini tengah telah memasukkan mobil listrik dalam roadmap pengembangan kendaraan bermotor nasional. Karenanya selain persiapan industri automotifnya, kesiapan infrastruktur dan ketersediaan baterai juga harus turut mendukung.

Produsen automotif nasional sendiri mengungkap telah siap dengan teknologi mobil listrik, mengingat negara prinsipilnya sudah lebih dulu mengembangkan mobil ramah lingkungan. Saat ini agen pemegang merek hanya tinggal menunggu regulasi dari pemerintah.

Untuk diketahui, pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 yang mengusung konsep “Your Infinite Automotive Experience” tentunya menyoroti semangat perubahan zaman salah satunya dengan menampilkan kendaraan listrik dan sejumlah karya otomotif anak bangsa. Jadi jangan lewatkan even yang akan berlangsung di JIExpo Kemayoran, 25 April-5 Mei 2019.

[stm_sidebar sidebar=”651″]