MINI GT Edition Resmi Meluncur, Jelmaan MINI 1275 GT di Era Milenial

MINI GT Edition Resmi Meluncur, Jelmaan MINI 1275 GT di Era Milenial

Shared by Drivenhype.com for IIMS

Dijual terbatas hanya 30 unit, MINI GT Edition terbaru menghadirkan nuansa eksplorasi sejarah dan sensasi sporty yang pernah diusung MINI 1275 GT yang muncul tahun 1969 silam. Tersedia secara eksklusif dan bisa dibeli melalui pre-order secara online.

Drive and Hype – MINI merupakan salah satu merek mobil yang tak pernah melupakan produk ikonik di perjalanan sejarahnya, dan selalu kembali mengulangnya dalam format modern di era milenial. Kali ini, untuk memperingati kehadiran Mini 1275 GT yang lahir tahun 1969, MINI kembali menghadirkan memori ikoniknya tersebut dalam wujud MINI GT Edition.

Seperti kembali ke era 70-an, MINI GT Edition hadir dengan pendekatan yang sama dengan Mini 1275 GT yang digarap saat itu oleh Roy Hanes, yakni memanjakan para penggemar setianya dengan perubahan massif di bagian eksterior. Dimaksudkan sebagai penerus varian Cooper S, Mini 1275 GT tersebut saat itu diposisikan sebagai kendaraan yang jauh lebih sporty.

Terinspirasi dengan yang diperlihatkan Mini 1275 GT, MINI Indonesia meluncurkan MINI GT Edition melalui peluncuran produk secara digital dengan sesi foto virtual pada Kamis (18/6/2020) lewat aplikasi Zoom. Tersedia hanya 30 unit, MINI GT Edition akan dibuka untuk pre-order online mulai 22 Juni 2020 di (https://cp.mini.co.id/mini-gt-edition/). MINI edisi spesial ini merupakan kombinasi platform MINI 3 Door Cooper S, sejarah panjang MINI 1275 GT, dan pengalaman sporty “Go-kart” khas brand MINI.

“MINI GT Edition baru, terinspirasi kesuksesan Mini 1275 GT yang saat itu menjadi salah satu kendaraan sport kompak paling aman, paling lengkap, unggul secara aerodinamis, dan paling mudah dikonfigurasi. MINI GT Edition terbaru sangat ideal untuk pelanggan yang mencari kendaraan premium kompak unik dibarengi sensasi mengemudi yang seru. MINI GT Edition memadukan elemen kesuksesan pendahulunya, yang ditingkatkan lagi dengan nuansa sporty dan eksklusif. Hanya tersedia dalam versi MINI 3 Door,” jelas Jodie O’tania, Director of Communications BMW Group Indonesia.

Mini 1275 GT merupakan penerus Mini Cooper S yang dirakit antara tahun 1969 dan 1980. Mini 1275 GT merupakan model pertama yang dilengkapi tachometer, sehingga memberikan kontribusi signifikan terhadap jiwa sporty brand ini pada era 1970-an. Perubahan desain wajah depan ditandai ciri khas sebagai “Mobil Populer” Inggris yang ikonik.

Dengan bagian depan yang lebih mengotak, desain bagian samping ala tahun ’70-an dan fitur luar biasa, 1275 GT kala itu adalah sebuah saloon sport yang unik, menjadi sebuah model yang dapat langsung dikenali sebagai sebuah MINI, tetapi punya daya tarik lebih.

”Model pertama MINI di segmen kendaraan kompak premium sudah merayakan ulang tahun ke-60 tahun lalu – tetapi MINI tetap hadir dengan jiwa muda dan selalu berinovasi. Enam puluh satu tahun lalu, tepatnya 26 Agustus 1959, British Motor Corporation (BMC) menghadirkan kendaraan kompak premium baru revolusioner. MINI adalah brand legendaris bagi penggemar setianya di seluruh dunia sehingga brand ikonik ini terus berkembang dan selalu berevolusi,” ujar Jodie O’tania,

Tahun ini MINI kembali hadirkan beragam edisi spesial di beberapa negara, salah satunya adalah Indonesia. Visi MINI di balik Virtual Launch hari ini adalah mengarahkan fokus pelanggan ke MINI 3 Door. MINI juga merayakan sejarah sensasi sporty brand ikonik ini, mengingat banyak sekali penggemar sports car yang tertarik pada brand MINI.

Edisi terbatas ini menonjol dengan adanya desain eksterior stiker decal yang sangat menarik, lampu LED tambahan, trim Piano Black, tutup tangki bahan bakar dan gagang pintu yang istimewa, yang semuanya menekankan karakter sporty edisi ini.

“Bahkan dalam keadaan gelap sekalipun, proyektor LED di bagian pintu dan Illuminated Door Sill memancarkan huruf “GT” ketika pintu terbuka. Sementara itu, desain eksterior yang detail, melengkapi sensasi go-kart dari MINI 3 Door dan menambah citra sporty-nya,” papar Kidd Yam, Head of MINI Asia.

Sentuhan eksklusif di setiap detail, baik di dalam maupun di luar, membuat MINI GT Edition memancarkan aura personalisasi yang kuat. Pada eksterior, fitur edisi terbatas ini ditandai dengan sematan John Cooper Works Aerodynamic Kit, velg 17 inci John Cooper Works Track Spoke dengan Run-Flat Tyres, GT Edition Decal Eksklusif pada kap mesin, skirt depan, spoiler belakang, samping dan belakang, Scuttle samping GT Edition, lampu depan LED, lalu door handle, trim lampu depan dan belakang, penutup tangki bahan bakar, dan grille semuanya berkelir Piano Black.

Sedangkan MINI GT Edition tersaji dalam pilihan warna bodi eksterior yang tersedia dalam kombinasi Midnight Black dengan Melting Silver Roof dan Mirror Caps, Chili Red dengan Jet Black Roof dan Mirror Caps, dan White Silver dengan Jet Black Roof dan Mirror Caps.

Pada bagian interior, terdapat 3D Printed GT Edition Interior Surface serta LED Door Sill yang menampilkan huruf “GT”. Dua huruf ini juga diproyeksikan ke lantai dalam bentuk logo ketika pintu terbuka dengan GT Edition Logo Projector. Semua gen MINI GT Edition berasal dari leluhurnya, Mini 1275 GT.

Beberapa elemen, seperti John Cooper Works Aerodynamic Kit dan Roda 17″ John Cooper Works Track Spoke, merupakan bentuk penghormatan istimewa ke salah satu ikon brand sporty ini. Di kokpit, pelapis kulit John Cooper Works Dinamica Leather memastikan kenyamanan ekstra bagi penggunanya.

MINI GT Edition hadir dalam varian Cooper S dan mesin 2.0 liter MINI TwinPower Turbo yang menghasilkan 192 hp dan torsi 280Nm. Kendaraan ini dapat melesat 0-100 km/jam hanya 6.7 detik dan kecepatan puncak 235 km/jam. Dipadukan transmisi otomatis 7-speed Dual Clutch Sports dengan perpindahan transmisi cepat dan nyaman serta efisiensi optimalisasi bahan bakar.

Terdapat pula fungsi start/stop mesin guna mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak diperlukan saat pengemudi berhenti. Fungsi coasting juga tersedia dalam mode berkendara MID dan GREEN, di mana drivetrain terputus langsung masuk idle saat pengemudi mengangkat kaki dari pedal akselerator. Hal ini memungkinkan MINI berjalan pada kecepatan idling – bebas dari efek pengereman mesin apapun dengan konsumsi bahan bakar minimum.

Untuk hiburan di kabin, MINI GT Edition menghadirkan Apple CarPlay yang memudahkan pengemudi menghubungkan iPhone mereka dengan display, kontrol, dan speaker MINI. Si pengemudi dapat mengontrol fungsi utama iPhone dengan menggunakan kontrol MINI atau kontrol suara Siri.

Dengan CarPlay, berbagai aplikasi iPhone dapat digunakan sesuai keinginan di dalam kendaraan. Panggilan telepon, mendengarkan musik, meminta deskripsi rute, minta pesan teks yang masuk dibaca, mengirim pesan teks, dan masih banyak lagi.

MINI GT Edition terbaru hadir dengan MINI 4 Years Unlimited Mileage Warranty dengan Free Scheduled Service, 5 Years MINI Service Inclusive dan 2 Years BMW Group Tyre Coverage. Harga off-the-road Rp 840.000.000,- dan akan tersedia mulai 22 Juni via online atau di semua MINI Indonesia Authorized Dealers. Informasi lebih lanjut tentang MINI GT Edition baru dapat ditemukan di www.mini.co.id.

Original Article