MINI GT Edition : Edisi Spesial Bangkitkan Kenangan MINI 1275 GT 1969

MINI GT Edition : Edisi Spesial Bangkitkan Kenangan MINI 1275 GT 1969

Shared by Thegaspol.com for IIMS

Kembali ke empat dekade lalu, dimana MINI memanjakan para penggemarnya lewat perubahan masif di bagian ekterior yang dirancang oleh Roy Hanes pada model MINI 1275 GT yang dilansir pada 1969. Dengan maksud untuk menjadi penerus Cooper S, Mini 1275 GT tersebut diposisikan sebagai kendaraan yang jauh lebih sporty.

Terinspirasi dari Mini 1275 GT, MINI Indonesia luncurkan MINI GT Edition melalui peluncuran produk secara digital dengan sesi foto virtual. Tersedia hanya 30 unit, MINI GT Edition akan tersedia untuk pre-order online mulai 22 Juni 2020 di situs (https://cp.mini.co.id/mini-gt-edition/).

MINI edisi spesial ini adalah kombinasi platform MINI 3 Door Cooper S, sejarah panjang dari MINI 1275 GT serta pengalaman handling yang sporty khas “Go-kart” padas etiap model MINI 3 Door.

Diproduksi rentang 1969 hingga 1980, Mini 1275 GT adalah penerus dari MINI Cooper S. MINI pertama yang dilengkapi dengan tachometer, Mini 1275 GT memberikan kontribusi signifikan terhadap jiwa sporty brand ini pada tahun 1970-an.

Perubahan pada desain bagian depan juga tandai ciri khas sebagai “Mobil Populer” Inggris yang ikonik. Dengan bagian depan yang lebih kotak, desain bagian samping ala tahun 70an dan fitur luar biasa, 1275 GT kala itu adalah sebuah saloon sport yang unik – model yang dapat langsung dikenali sebagai sebuah MINI, tetapi memiliki daya tarik lebih.

Sementara pada model terbarunya, MINI GT Edition terdapat 3D Printed GT Edition Interior Surface serta LED Door Sill yang tampilkan huruf “GT”. Dua huruf ini juga diproyeksikan ke lantai dalam bentuk logo ketika pintu terbuka dengan GT Edition Logo Projector.

Semua gen MINI GT Edition berasal dari leluhurnya, Mini1275 GT. Beberapa elemen, seperti John Cooper Works Aerodynamic Kit dan Roda 17″ John Cooper Works Track Spoke, memberi penghormatan istimewa kepada salah satu ikon brand sporty ini. Di kokpit, pelapis kulit John Cooper Works Dinamica Leather memastikan kenyamanan ekstra bagi pengguna.

MINI GT Edition hadir dalam varian Cooper S dan mesin 2.0 liter MINI TwinPower Turbo yang menghasilkan 192 hp dan torsi 280Nm. Kendaraan ini dapat melesat dari 0-100 km/jam hanya dalam 6.7 detik dan memiliki kecepatan puncak 235 km/jam. Mesin ini dipasangkan dengan Transmisi Otomatis 7-Percepatan Dual Clutch Sports yang memungkinkan perpindahan transmisi yang cepat dan nyaman serta efisiensi bahan bakar yang dioptimalkan.

Lebih dari itu, sistem kontrol elektroniknya dari transmisi 7-percepatan dual clutch tersebut tawarkan berbagai fungsi progresif untuk tingkatkan efisiensi, termasuk penggunaan fungsi start/stop mesin untuk mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak diperlukan saat pengemudi berhenti.

Terlebih lagi, fungsi coasting juga tersedia dalam mode berkendara MID dan GREEN, di mana drivetrain dilepas begitu pengemudi mengangkat kaki dari pedal akselerator. Hal ini memungkinkan MINI untuk berjalan pada kecepatan idling – bebas dari efek pengereman mesin apapun dengan konsumsi bahan bakar minimum.

Jodie O’tania, Director of Communications BMW Group Indonesia dalam peluncurannya menyebutkan, MINI lebih dari sekadar sebuah kendaraan fungsional. Model pertama di segmen kendaraan kompak premium ini sudah rayakan ulang tahun ke-60 tahun lalu – tetapi MINI tetap hadir dengan jiwa muda dan selalu berinovasi. Enam puluh satu tahun yang lalu, tepatnya pada 26 Agustus 1959, British Motor Corporation (BMC) hadirkan kendaraan kompak premium baru yang revolusioner. MINI adalah brand legendaris bagi para penggemar setianya di seluruh dunia yang pastikan brand ikonik ini terus berkembang dan selalu berevolusi hingga saat ini.

Original Article