Minat Menipis, Hyundai Venue Manual Disuntik Mati

Minat Menipis, Hyundai Venue Manual Disuntik Mati

Shared by Autonetmagz.com for IIMS

Autonetmagz.com – Dalam beberapa tahun terakhir, mayoritas manufaktur mobil sudah menyuntik mati transmisi manual dikarenakan minat konsumen yang bertransisi terhadap transmisi otomatis. Salah satu pabrikan yang baru-baru ini berhenti menawarkan opsi transmisi manual adalah Hyundai. Pabrikan asal Korea Selatan tersebut sudah tidak menawarkan pilihan manual pada model Venue mereka di pasar India dikarenakan minat yang menipis.

Hyundai Venue merupakan satu dari sepuluh mobil dengan transmisi manual paling laku di India. Kondisi tersebut tidak mampu mengubah fakta bahwa masyarakat India sudah mulai bertransisi kepada mobil dengan transmisi otomatis. Hyundai hanya menyediakan transmisi manual di varian SE yakni model terendah Hyundai Venue dengan opsi transmisi CVT. Opsi CVT tersebut yang menjadi faktor yang menyebabkan konsumen tidak berminat terhadap transmisi manual. Dalam sebuah laporan yang dilakukan oleh The Economic Times, satu dari lima mobil yang terjual di India sekarang bertransmisi otomatis.

Ini disebabkan kota-kota besar India semakin padat dan kemacetan merajalela dimana-mana. Semua faktor ini digabungkan menyebabkan perjalanan semakin panjang dan konsumen tidak ingin capek dijalan dengan sebuah mobil manual. Hyundai Motor India pun mencatat kenaikan penjualan unit mobil transmisi otomatis dari 3,9 persen menjadi 13,9 persen dalam kurun waktu lima tahun. Tarun Garg selaku Marketing and Sales Director Hyundai Motor India menyatakan kenaikan penjualan mobil bertransmisi otomatis tidak hanya berlaku pada Hyundai di India saja, namun untuk industri otomotif secara keseluruhan.

Beliau menambahkan konsumen India menginginkan mobil yang lebih nyaman dan gampang untuk dikendarakan, oleh karena itu mereka berpindah terhadap mobil transmisi otomatis. Inipun berlaku untuk pasar otomotif Indonesia dimana konsumen lebih memilih mobil transmisi otomatis ketimbang manual, utamanya di kota besar. Hyundai Mobil Indonesia pun sudah mulai memprioritaskan transmisi otomatis dimana varian manual hanya tersedia pada mobil-mobil seperti Hyundai Grand i10 dan Hyundai Starex Mover. Model seperti Hyundai Santa Fe, Hyundai Kona dan Hyundai Tucson sudah tidak tersedia dengan transmisi manual.

Menurut kalian dalam masa yang akan datang, transmisi manual bakal tetap relevan atau tidak? Tulis di kolom komentar ya.

Original Article