Merawat Motor Supaya Lebih Awet, Lakukan 5 Langkah Ini

Shared by Zonabikers.com for IIMS

Setiap orang pasti ingin motornya awet, tak rewel dan performanya selalu optimal. Langkah utamanya, rurin merawat motor dan rutin mengecek kondisi motor.

Permasalahan yang timbul karena malas melakukan pemeriksaan dan merawat motor secara rutin tak cuma menimbulkan masalah pada performa motor, tapi juga keuangan. Pasalnya, komponen motor yang harusnya bisa lebih awet jadi cepat rusak dan harus diganti dengan yang baru.

Nah.. Supaya hal itu tidak terjadi, lakukan langkah-langkah sederhana ini:

Ganti Oli Mesin Secara Rutin

Oli yang baik akan menjaga komponen mesin dari gesekan berlebih, sehingga kerja mesin tetap optimal dan komponen mesin jadi lebih awet.

Seiring pemakaian, kemampuan oli melumasi komponen mesin akan berkurang. Karena itu perlu dilakukan penggantian secara berkala. Perlu diperhatikan juga, gunakan oli dengan spesifikasi sesuai anjuran.

Periksa Aki

Jika kinerja aki dirasa mulai lemah, segeralah menggantinya dengan yang baru. Aki yang lemah membuat asupan listrik ke motor khususnya motor-motor injeksi akan bermasalah. Komponen motor injeksi yang tak mendapatkan aliran listrik sesuai kebutuhan akan membuat motor sulit dinyalakan.

Satu cara mudah untuk mengetahui kondisi aki yang mulai melemah adalah melalui suara dynamo starter. Jika suara dynamo starter terdengar agak berat atau mengayun saat dinyalakan, itu artinya aki mengalami masalah.

Rutin Mengecek Tekanan Angin Ban

Tekanan angin yang terlalu rendah akan membuat ban cepat rusak dan pengendalian terasa berat. Selain motor jadi tak nyaman dikendarai, konsumsi bahan bakar juga jadi lebih boros.

Tekanan angin jangan pula terlalu tinggi karena akan membuat komponen kemudi cepat mengalami kerusakan. Berkendara pun jadi tak nyaman karena ban terasa keras.

Bersihkan Secara Rutin

Selain membuat motor terlihat lebih klimis, motor yang selalu bersih membuat komponen motor lebih awet khusunya bagian suspensi. Debu dan kotoran yang diabiarkan melekat lama bisa memberi efek buruk dan merusak seal suspensi sehingga membuat kebocoran oli suspensi.

Kotoran, debu serta minyak yang menempel juga bisa membuat cat motor jadi kusam dan karat di bagian-bagian komponen motor yang terbuat dari besi.

Berkendara Secara Wajar

Gaya berkendara secara wajar, tak agresif dan tidak membawa beban berlebih akan membuat komponen motor lebih terjaga keawetannya. Gaya berkendara agresif berpengaruh buruk pada komponen mesin dan pengereman. Gaya berkendara ini cenderung sering melakukan buka tutup gas dan pengereman secara spontan. Hal ini membuat komponen mesin dan pengereman bekerja jadi lebih berat.

Selain mempercepat kerusakan pada dua bagian penting sepeda motor itu, gaya berkendara seperti itu akan membuat konsumsi bbm jadi lebih boros.

The post Merawat Motor Supaya Lebih Awet, Lakukan 5 Langkah Ini appeared first on Zonabikers.com.

Original Article