Menurut Zebra, Penting untuk Pelaku Bisnis Pergudangan Melakukan Modernisasi Sistem Mereka

Menurut Zebra, Penting untuk Pelaku Bisnis Pergudangan Melakukan Modernisasi Sistem Mereka

Shared by Mobitekno.com for IIMS

Mobitekno – Pada tahun 2020 nanti diperkirakan akan ada 50 miliar perangkat yang akan terhubung ke Internet of Things Ini berdasarkan hasil penelitian dari Juniper pada tahun 2018. Di Indonesia sendiri, perlahan tapi pasti, perangkat yang terhubung ke IoT juga meningkat setiap tahunnya. Sampai saat ini, menurut Asosiasi Internet of Things Indonesia, sudah ada 150 juta perangkat yang terhubung. Dan, diprediksi akan mencapai 200 juta sensor di seluruh sektor industri pada akhir 2020 ini.

Semakin meningkatnya perangkat yang terhubung ke IoT, turut mempengaruhi sektor pergudangan saat ini. Operasional pergudangan yang masih menggunakan perangkat dengan teknologi lama, tidak bisa dipertahankan lebih lama. Mereka akan bertaruh dengan risiko keamanan. Bahaya serangan siber pun bisa mengancam sektor ini. Berdasarkan data dari Badan Siber dan Sandi Negara, saat ini ada 88,4 juta serangan siber terhadap individu dan perusahaan di Indonesia dalam kurun waktu 1 Januari hingga 12 April 2020. Angka ini tentunya menjadi peringatan bagi yang tidakmemiliki teknologi terbaru untuk keamanan.

Setiap perangkat yang terhubung ke jaringan adalah endpoint yang terbuka bagi serangan. Itulah mengapa penting bagi para pemimpin di industri pergudangan untuk memodernisasi solusi teknologi mereka dan melindungi operasional dari kemungkinan terjadinya downtime atau penyusupan ke dalam data rahasia perusahaan melalui perangkat yang terhubung.

Jangan Remehkan masalah Keamanan

Hingga saat ini, masih banyak pergudangan yang menggunakan teknologi lama dalam sistem mereka. Bahkan, andaipun mereka tahu ada perangkat yang lebih canggih dan aman, namun masih banyak yang bersikap “kalau belum rusak mengapa harus diganti”. Ini persepsi yang keliru karena dapat meningkatkan risiko keamanan.

“Operasional pergudangan yang menggunakan solusi teknologi lawas (legacy) sangat rentan terhadap ancaman cybersecurity. Masalahnya, banyak perusahaan pergudangan punya sikap “Jangan memperbaiki sesuatu yang tidak rusak”. Mereka menganggap solusi mereka masih berjalan normal, jadi buat apa diperbaiki? Tapi ini persepsi yang keliru dan kekeliruan semacam ini meningkatkan risiko keamanan setiap hari,” kata Aik Jin, Tan, Vertical Solutions Lead, Zebra Technologies Asia Pacific.

Padahal, teknologi lawas bisa menjadi ancaman keamanan. Menurut Carbon Black, kelompok profesional yang menangani insiden cyber, sebanyak 59% serangan ditujukan kepada sektor manufaktur (naik dari 41% pada November 2018). Sebanyak 50% serangan mencoba untuk melakukan “Island hop”, yaitu mengakses jaringan organisasi mana pun dalam supply chain perusahaan, yang berarti celah keamanan di pergudangan Anda juga berisiko bagi mitra bisnis Anda.

Bahkan jika keamanan TI untuk operasional pergudangan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi diri mereka sendiri dari masalah keamanan IoT yang menjadi tren teratas, ancaman yang muncul justru semakin canggih, sehingga operasional sehari-hari menjadi taruhan.

Warehouse 4.0

Untuk itulah, Zebra Technologies sebagai perusahaan yang memiliki solusi untuk perangkat pintar pergudangan mencoba mengingatkan para pelaku usaha di sektor ini. Zebra pun mewanti-wanti, kebocoran data bisa terjadi dari mana saja. Bisa saja dari sistemnya sendiri, koneksi internet atau wi-fi yang tidak aman, hingga penggunaan perangkat mobile yang tidak menggunakan koneksi yang aman. Dari sini, data-data perusahaan bisa saja diakses bebas oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung-jawab.

Zebra pun menginformasikan bahwa sudah saatnya para pelaku bisnis di sektor pergudangan memodernisasi sistem pergudangan mereka dengan mobile computer. Mereka pun diimbau untuj bermigrasi ke perangkat mobile kelas enterprise berbasis Android.

Ini sangat beralasan sebab Microsoft tak lagi mensupport sistem operasi (OS) Windows Embedded Handheld 6.5, dan untuk OS Windows Embedded Compact 7.0 juga akan dihentikan pada 2021. Sehingga perangkat berbasis Microsoft akan sangat rentan terhadap berbagai ancaman baru. Solusi berbasis Android menggabungkan fitur keamanan yang sudah built-in sebagai kemampuan intinya, jadi bukan sekadar tambahan. Terlebih lagi, warehouse 4.0 kini sudah hadir, modernisasi sedang berlangsung, dan migrasi ke Android sangat penting bagi sektor pergudangan saat ini.

Hal lain yang tak kalah penting, Android memungkinkan pembaruan security patch secara otomatis. IBM Security menemukan bahwa biaya kebocoran yang harus ditanggung oleh perusahaan yang belum menerapkan keamanan otomatis adalah 95% lebih tinggi daripada perusahaan yang menerapkan otomatisasi sepenuhnya.

Memodernisasi sistem pergudangan memberikan beberapa keuntungan bagi jalannya bisnis. Selain lebih aman, prosesnya pun bisa lebih sederhana dan cepat. Berikut ini keunggulan-keunggulannya:

  • Perangkat mobile kelas enterprise biasanya lebih awet, malah beberapa bisa sampai 10 tahun atau lebih lama lagi. Beberapa lapisan keamanan biasanya sudah ditanamkan ke dalam solusi itu untuk melindungi kerentanan jaringan di edge dan dengan OS yang memiliki dukungan keamanan jangka panjang dari produsen seperti Zebra LifeGuard™ for Android™.
  • Memberikan perlindungan terhadap operasional pergudangan dan pusat distribusi yang terbatas support TI on-site-nya atau malah tidak ada sama sekali, supaya mereka dapat menerapkan, mengelola, memecahkan berbagai masalah, serta mengkonfigurasi seluruh perangkat dari satu lokasi secara jarak jauh dan memperbarui security patch dan protokol dengan tepat waktu.
  • Menggunakan tool dan fitur security assessment untuk memproteksi berbagai setting mode dan memastikan hanya perubahan yang diotentikasi, seperti pembaruan software, yang dapat dilakukan.
  • Menerapkan kontrol keamanan terhadap setiap perangkat yang terhubung ke jaringan (baik via kabel maupun nirkabel) melalui mekanisme yang sudah built-in untuk membantu mencegah, mendeteksi, dan membentengi diri terhadap berbagai ancaman.

Original Article