Mengenal Kinerja dan Fungsi Filter Udara Pada Motor Injeksi

Shared by Naikmotor.com for IIMS

NaikMotor – Filter udara merupakan salah satu komponen yang berpengaruh pada performa mesin dengan sistim injeksi. Pasalnya jika fungsi filter udara tidak maksimal maka tenaga mesin bisa ngedrop.

Filter udara pada motor yang sudah mengusung mesin injeksi peranannya terbilang penting seperti pada Honda yang mengadopsi Programmed Fuel Injection (PGM-FI).

“Filter udara merupakan bagian penting dari rangkaian motor. Jika tidak dilakukan perawatan secara berkala, bukan tidak mungkin kinerja mesin motor akan terganggu,” terang Iman, salah satu mekanik diler Honda di bilangan Ciputat.

Iman juga menjelaskan jika fungsi filter udara terganggu maka akan menghambat udara yang masuk ke mesin. Akibatnya, pebandingan udara dan bahan bakar yang masuk ke mesin tidak ideal, imbasnya bahan bakar akan lebih boros dan performa mesin menurun.

“Selain bikin boros, perbandingan udara dan bahan bakar yang tidak ideal menyebabkan pembakaran tidak sempurna dan menyebabkan terjadi endapan karbon di dalam ruang bakar, banyaknya endapan karbon bisa menyebabkan knocking atau ngelitik.”

Tak hanya itu, filter udara yang bermasalah juga bisa menyebabkan kerusakan pada busi.

Filter udara ada tiga jenis, yaitu urithane foam (busa), dry paper (bahan sejenis kertas, daya saring lebih bersih dibandingkan dengan jenis urethane foam), dan viscous paper (bahan sejenis kertas yang dilapisi oli). (Daus/Prob/NM).

The post Mengenal Kinerja dan Fungsi Filter Udara Pada Motor Injeksi appeared first on Naik Motor | Jurnal Pengendara Motor.