Max Verstappen Raih Podium Kedua Pada Formula1 Rusia

Max Verstappen Raih Podium Kedua Pada Formula1 Rusia

Shared by Autos.id for IIMS

Tak hanya itu saja, empat mobil Honda lainnya juga berhasil meraih poin

Sochi, Rusia, Autos.id – Empat mobil Honda berhasil meraih poin pada seri balap F1 Grand Prix Rusia dimana Max Verstappen berhasil meraih finis kedua pada ajang balap tersebut. Untuk pertama kalinya pula, sejak Grand Prix Monaco 2019, keempat mobil Honda berhasil meraih poin.

Podium kedua yang diraih oleh Max sekaligus menandai podium ke-20 bagi Honda di era bertenaga hybrid saat ini.

Meskipun pada saat start, Max melakukan start yang kurang baik dan sempat turun ke posisi keempat pada lap pertama, tetapi ia berhasil kembali ke posisi ketiga sebelum Safety Car keluar. Alex Albon, rekan setim Max harus memulai balapan dari urutan ke-15 karena mendapatkan penalti gearbox sehingga harus bekerja lebih keras dan memilih pit ban keras setelah sebelumnya menggunakan ban lunak.

tim Scuderia AlphaTauri

Sedangkan Pierre Gasly dari tim Scuderia AlphaTauri berhasil membuat kemajuan yang sangat baik di awal, begitu pula dengan Daniil Kvyat yang memulai dengan sangat baik dan mampu berlari jauh di putaran pertama. Daniil sempat berada di urutan ketiga masuk pit. Daniil kemudian berada di urutan ke-8 setelah pit stop. Max berhasil naik ke posisi kedua di belakang Valtteri Bottas. Max terus mempertahankan posisi keduanya hingga garis finis dan mencatatkan podium pertama Red Bull di Grand Prix Rusia.

Sementara itu Pierre Gasly memutuskan untuk melakukan dua kali pitstop dimana AlphaTauri mencoba memanfaatkan periode Virtual Safety Car untuk beralih ke set ban medium yang baru dengan 11 putaran tersisa. Dengan set ban baru tersebut, Pierre kemudian berhasil mendahului Alex Albon dan Lando Norris ke posisi kesembilan hingga finis tepat di belakang rekan satu timnya. Red Bull berkomitmen untuk melakukan dua pit stop lebih awal dan Alex melakukan pit stop kedua dan mengganti dengan ban medium pada lap 27 setelah itu ia mampu mendahului beberapa mobil termasuk Lando Norris untuk mendapatkan posisi ke-10 pada balapan ini.

Toyoharu Tanabe sebagai Technical Director Honda F1 mengatakan, Alex melakukan strateginya dengan sangat baik meskipun ia memiliki start di belakang. “Scuderia AlphaTauri juga memberikan performa yang sangat baik dengan Daniil dan Pierre berhasil menyalip dengan baik dalam perjalanan mereka masing-masing ke posisi kedelapan dan kesembilan,” ungkapnya.

Aston Martin Red Bull Racing

Selanjutnya, tim Honda akan kembali ke Eropa untuk melakukan Grand Prix Eifel di Jerman dalam dua minggu. Ini akan menjadi pertama kalinya Honda bertanding di Nurburgring di era hybrid ini, sehingga Honda akan melakukan banyak simulasi sebagai persiapannya. Hingga saat ini, Aston Martin Red Bull Racing memperoleh 192 poin dan berada di urutan ke-2 pada klasemen konstruktor. Sedangkan Scuderia AlphaTauri masih berada di posisi ke-7 dengan perolehan 59 poin.

Original Article