Mau Riding? Perhatikan 6 Hal Ini Selama di Perjalanan

Mau Riding? Perhatikan 6 Hal Ini Selama di Perjalanan

Shared by Motovaganza.com for IIMS

JAKARTA, Motovagaza – Berbagai persiapan dan rencana perlu dilakukan. Itu berlaku untuk semua hal agar berjalan dengan yang kita inginkan. Demikian juga dengan berkendara menggunakan sepeda motor. Lakukan persiapan sebelum berkendara, siapkan keperluan dengan detail. Namun masih ada yang lain yang harus diperhatikan saat riding atau touring.

Pasalnya, berkendara dengan motor di jalan tidak hanya kita sendiri. Banyak pengendara lain dengan skill, sifat dan tabiat yang berbeda. Tentu saja kita harus berusaha untuk menghindari ada masalah di jalan. Lalu apa saja yang harus dilakukan?

1. Emosi

Lama tak mengendarai motor akibat pembatasan sosial dapat menjadi pemicu stres di jalan. Akibatnya tingkat emosi jadi labil. Maka itu tetap tenang, fokus di jalan dan mengontrol emosi untuk menghidari efek negatif dari keadaan saat ini.

2. Pengguna Jalan Lain

Ini lebih ke faktor eksternal. Bisa dibilang kita harus bisa memahami karakteristik pengguna jalan lain. Contohnya saat ini sedang marak pengguna sepeda. Jaga jarak dengan mereka bisa menghindari efek negatif yang tidak dinginkan.

Baca juga: Ini yang Harus Dipersiapkan Bikers Sebelum Riding

3. Memprediksi Bahaya

Memprediksi bahaya kemungkinan terjadi kecelakaan dikarenakan situasi yang lebih sepi. Lucky menganjurkan agar pengendara tetap waspada, mengingat saat ini beberapa ruas jalan ada yang kondisinya kosong. Karena jalan yang lenggang belum tentu aman.

4. Jaga Jarak

Saat berkendara juga perlu memperhatikan jaga jarak. Usahakan tetap menyiapkan ruang dengan pengendara lain untuk mengantisipasi penularan virus.

5. Transaksi

Demi menekan interaksi dengan orang lain, disarankan agar pengendara lebih memilih menggunakan transaksi digital setiap kali melakukan kegiatan transaksi.

6. Makan

Ketika istirahat makan usahakan membawa perlengkapan makan atau makanan sendiri. Efek yang bisa kita dapat yaitu kesehatan lebih terjamin.

Setelah sampai tujuan, rider wajib mencuci tangan dan mencuci wajah dengan sabun setelah melepas seluruh riding gear. Selepas berkendara (post-riding), perlengkapan yang sudah digunakan baiknya langsung dicuci, sehingga mengurangi potensi terpapar bakteri ataupun virus. Kemudian membersihkan bagian-bagian yang berpotensi terkontak dengan orang lain atau bisa langsung dicuci.

Begitu sampai di rumah setelah melakukan riding, jangan berinteraksi dengan siapapun sebelum membersihkan diri atau mandi. Dikarenakan melakukan perjalanan jauh, membuat tubuh menjadi lelah. Untuk itu membutuhkan istirahat yang cukup agar imun tubuh juga terjaga.

Semoga informasi ini bermanfaat dan mudah-mudahan kita semua selalu dalam keadaan sehat serta pandemi ini segera berakhir.

ZENUAR YOGA | RAJU FEBRIAN

The post Mau Riding? Perhatikan 6 Hal Ini Selama di Perjalanan appeared first on Motovaganza.

Original Article