Maserati Nettuno, Mesin Baru Untuk Putus dari Ferrari

Maserati Nettuno, Mesin Baru Untuk Putus dari Ferrari

Shared by Autonetmagz.com for IIMS

AutonetMagz.com – Sudah lama berada di bawah bayang-bayang Ferrari, kini Maserati punya tugas untuk jadi anak emas baru FCA alias Fiat-Chrysler Alliance. Untuk jadi anak emas baru, model-model Maserati yang ada sekarang jauh dari kata mendukung. Selain dari Levante, semua Maserati yang ada bisa dibilang sudah berumur dan perlu pembaruan segera. Selain itu, Maserati juga ingin lebih mandiri dan mengurangi ikatan dengan Ferrari.

Karena selama ini mesin-mesin Maserati identik dengan Ferrari, Maserati memutuskan untuk bikin mesin baru sendiri supaya tidak perlu merepotkan Ferrari lagi. Ini dia mesin barunya, namanya Maserati Nettuno dan dia adalah mesin 3.000 cc V6 twin turbo yang bobotnya diklaim hanya 220 kg atau kurang dari 5 sak semen. Teknologi yang diusung termasuk dry sump oil, busi ganda dan sistem pembakaran pre-chamber hasil turunan F1.

Tenaga dan torsi yang dihasilkan tidak main-main, yakni mencapai 630 hp di 7.500 rpm dan 730 Nm di 3.000-5.500 rpm. Untuk ukuran mesin 6 silinder, itu angka yang cukup besar dan sudah menempel angka tenaga Ford GT yang sama-sama pakai mesin V6 twin turbo. Putaran maksimalnya bisa mencapai 8.000 rpm dan urutan pembakarannya adalah 1-6-3-4-2-5. Ini adalah mesin pertama yang dibuat oleh Maserati sendiri sejak 20 tahun terakhir.

Bisa diperkirakan bahwa debut perdana mesin ini akan ada di Maserati MC20 yang akan diperkenalkan di acara “MMXX: The time to be audacious” tanggal 9-10 September 2020. Setelah dipakai MC20, mesin ini akan turun ke mobil sport baru Maserati beserta SUV-SUV mereka. Ngomong-ngomong SUV Maserati, nanti akan ada 1 SUV baru dari merek asal Modena ini untuk menemani Levante.

Sedan Maserati Ghibli dan Maserati Quattroporte akan mengalami facelift tahun ini, bahkan Ghibli hybrid akan segera diperkenalkan. Pada tahun 2021, Maserati akan memperkenalkan GranTurismo baru yang kami rasa akan mirip dengan konsep Maserati Alfieri dan di 2022 akan hadir versi atap terbukanya, termasuk kehadiran generasi baru Quattroporte. Apa opinimu soal mesin baru ini? Sampaikan di kolom komentar!

Original Article