Manfaatkan Wireless DeX di Samsung Galaxy Tab S7 Series untuk Maksimalkan Produktivitas di Kondisi PSBB

Manfaatkan Wireless DeX di Samsung Galaxy Tab S7 Series untuk Maksimalkan Produktivitas di Kondisi PSBB

Shared by Mobitekno.com for IIMS

Mobitekno – Aktifnya kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar akibat korban pandemi Covid-19 yang bertambah banyak, membuat banyak orang yang tadinya mulai kembali bekerja dari kantor, harus balik kembali bekerja dari rumah. Apakah hal ini akan menurunkan produktivitas Anda? Jangan sampai hal ini terjadi. Di tengah era digital dengan banyaknya teknologi yang user friendly, kini bekerja bisa dilakukan dari mana saja. Berbagai perangkat pun mudah ditemukan untuk menemani Anda dalam bekerja secara jarak jauh. Dan, salah satunya adalah Samsung Galaxy Tab S7 Series.

Samsung menghadirkan Galaxy Tab S7 Series ke Indonesia pada waktu yang tepat. Perangkat ini mendukung sistem kerja yang tidak harus selalu dari balik meja kerja di kantor. Di manapun Anda berada, Samsung Galaxy Tab S7 Series bisa menjadi teman setia untuk mendukung aktivitas pekerjaan. Membawa tema Power to Work dan Power to Play, Galaxy Tab S7 Series membawa keseimbangan bagi penggunanya. Perangkat ini tidak hanya mumpuni untuk diajak bekerja, tetapi juga mumpuni dalam menyajikan hiburan dan permainan.

Salah satu hal yang membuat perangkat ini begitu nyaman digunakan adalah performanya yang tinggi. Penggunaan prosesor Snapdragon 865+ yang dipadukan dengan memori berteknologi LPDDR5 yang berkapasitas besar, tentunya membuat berbagai konten yang tampil di Galaxy Tab S7 Series dapat berjalan tanpa lag. Prosesor ini bahkan mampu meningkatkan performa tablet sebesar 30% dibandingkan Galaxy Tab S6 sebelumnya.

Namun, ada salah satu fitur khas perangkat flagship Samsung yang dari awal kemunculannya memang ditujukan untuk meningkatkan produktivitas, yaitu Samsung Desktop Experience, atau lebih dikenal dengan Samsung DeX. Samsung DeX telah mengalami perkembangan beitu signifikan sehingga pada Galaxy Tab S7 Series ini, Samsung sudah menggunakan Wireless DeX, alias tanpa kabel atau docking lagi.

Dari Docking ke Wireless

Samsung memperkenalkan DeX ini pada tahun 2017. Saat itu, Samsung Galaxy S8 yang menjadi perangkat awal yang dibekali Samsung DeX. Di awal kemunculannya, untuk menggunakan Samsung DeX ini, wajib menggunakan sebuah docking yang berisi banyak port agar perangkat mobile bisa terhubung ke monitor yang lebih besar. Dengan DeX, pengguna serasa menggunakan PC Desktop. Jadi, bekerja dan bermain bisa lebih leluasa karena tampilan yang lebih luas.

Seiring berjalannya waktu, Samsung DeX terus dikembangkan oleh Samsung. Dan kini, pada tahun 2020, Samsung DeX hadir dengan teknologi wireless. Tentu saja hal ini membawa kemudahan bagi penggunanya. Tidak ada lagi keruwetan di meja kerja akibat keberadaan kabel USB. Fleksibilitasnya juga bertambah karena tidak hanya mendukung monitor dengan ukuran yang lebih besar, tetapi juga merambah ke smart TV. Asalkan, perangkat pendukung tadi sudah mendukung koneksi wireless juga.

Semakin Mudah Menggunakan Samsung DeX

Dalam perangkat Samsung Galaxy Tab S7 Series, Samsung DeX hadir dalam dua mode penggunaan. Mode pertama adalah DeX yang tampil di tablet itu sendiri. Untuk cara ini, pengaktifannya sangat mudah. Cukup aktifkan opsi DeX yang ada. Usap saja ke bawah bagian notification bar di Samsung Galaxy Tab S7 Series. Lalu pilih dan tap icon DeX untuk mengaktifkannya. Tanpa menunggu waktu yang lama, tampilan mobile di galaxy Tab S7 Series akan berubah ke tampilan desktop. Di tampilan desktop, Anda akan disuguhkan desktop bar dan berbagai fungsi seperti yang ada di PC Desktop.

Mode kedua adalah menggunakan Samsung DeX di layar lainnya yang berukuran besar, seperti pada produk Smart TV terbaru. Menurut pihak Samsung, ada baiknya koneksikan dengan Smart TV yang sudah mendukung koneksi wireless terbaru, seperti pada produk-produk Smart TV keluaran Samsung. Pengaktifannya tidak jauh berbeda dengan mode DeX dalam tablet. Usap ke bawah notification bar dan tekan agak lama opsi DeX untuk membuka menu settings Samsung DeX. Anda juga bisa melakukannya dengan membuka menu Settings. Selanjutnya, Anda bisa perhatikan bagian “Connect Wirelessly”. Galaxy Tab S7 Series akan melakukan pemindaian dari perangkat Smart TV di sekitarnya. Jika nama Smart TV Anda sudah terdeteksi, klik saja perangkat Smart TV tersebut. Secara otomatis di layar TV akan terpampang tampilan desktop dari Galaxy Tab S7 Series.

Salah satu hal menarik adalah, walaupun tampilan desktop hadir di layar yang lebih besar. Tampilan mobile bisa dipertahankan di perangkat tablet. Dengan begitu, Anda bisa bekerja dengan cara multitasking. Saat di layar besar sedang menyaksikan sebuah film atau konten video, di tablet Anda tetap bisa menjawab email, atau bekerja dengan S Notes.

Namun, Jika Anda menginginkan tampilan hanya ada di layar besar, Anda pun bisa membuat tablet sebagai pusat control seperti touchpad. Tinggal tarik kembali notification bar dan aktifkan fungsi touchpad.

Wahyu Adhitya dengan Samsung galaxy Tab S7 Series

“Dalam bekerja, 90 persen mata saya memang lebih nyaman memandang monitor di perangkat PC, karena ukuran yang lebih besar. Device ini (Galaxy Tab S7 Series) bisa mengekspresikan pikiran saya menjadi lebih simpel. Saya pun menggunakan tablet ini secara berimbang. Selain untuk bekerja, juga untuk entertainment dan komunikasi. Tentu juga untuk sosial media,” ujar Wahyu Adhitya, seorang animator andal yang juga pendiri Hello Motion Academy.

Berbagai kelebihan yang ditawarkan Samsung DeX dalam mendongkrak produktivitas, memang sayang untuk dilewatkan. Fitur ini patut dicoba untuk semua orang, terutama para content creator yang ingin tetap berkarya walaupun dari rumah sekalipun. Pengalaman dengan tingkat yang lebih tinggi pun bisa didapat dengan Samsung DeX ini.

Original Article