LMPV Kolaborasi Toyota & Suzuki Hadir Tahun Depan

LMPV Kolaborasi Toyota & Suzuki Hadir Tahun Depan

Shared by Autonetmagz.com for IIMS

AutonetMagz.com – Kali ini kita kembali membahas kerjasama antara Toyota India dna Maruti Suzuki, dimana ada sebuah proyek yang sangat menarik diantara keduanya. Setelah memperkenalkan Toyota Glanza, dan segera disusul Toyota Urban Cruiser, pihak Toyota dan Suuzki juga masih memiliki satu proyek lain yang menarik yaitu kolaborasi di segmen MPV. Nah, segmen MPV yang disasar adalah MPV kompak, alias LMPV yang persis dibawah segmen Toyota Innova.

Sebenarnya, kedua pabrikan ini sudah memiliki jagoan masing – masing, tetapi itu di Indonesia. Kalau di india, hanya Suzuki yang bermain di segmen LMPV dengan All New Suzuki Ertiga. Sedangkan Toyota tidak memiliki Toyota Avanza maupun Toyota Veloz disana. Toyota Sienta yang pisitioning-nya persi di bawah Innova di Indonesia juga tidak dijual di pasar India. Jadi, bisa dikatakan Toyota tidak memiliki wakil sama sekali di segmen tersebut. Nah, mengutip dari CarDekho, Toyota dan Suzuki tidak akan separuh – separuh menggarap kerjasama ini. Dipastikan, Toyota dan Suzuki akan berkolaborasi dalam menghadirkan mobil ini.

Jadi, secara status, jelas berbeda dengan Suzuki Baleno – Toyota Glanza yang hanya berubah emblem, maupun Suzuki Vitara Brezza – Toyota Urban Cruiser yang hanya berbeda di bagian eksterior dan sedikit di interior. Apakah mobil ini berbasis Suzuki Ertiga? Bukan, karena versi Toyota dari Suzuki Ertiga adalah proyek yang berbeda. Jadi, nantinya mobil ini akan diposisikan diatas Suzuki Ertiga, namun dibawah Toyota Innova. Posisi ini sebenarnya adalah posisi yang pas untuk Toiyota Sienta, namun kami ragu mobil inilah yang digarap oleh kedua pabrikan tersebut. Berbeda dengan Toyota Glanza dan Toyota Urban Cruiser yang diproduksi di pabrik Maruti Suzuki, MPV ini akan diproduksi di pabrik Toyota.

LMPV hasil kolaborasi antara Toyota dan Suzuki ini sendiri diprediksikan akan hadir di tahun depan. Tentunya kita berharap keduanya bisa menggabungkan kelebihan masing – masing dan menciptakan mobil baru yang lebih baik dari yang sudah ada. Jika kita melihat peluang pasar MPV, sebenarnya masih ada peluang mobil tersebut akan menyapa pasar Indonesia suatu hari kelak. Namun, kami ragu jika akan dijual dengan logo Toyota, karena selama ini Suzuki-lah yang mengimpor mobil secara utuh dari India. Jadi, kita tunggu saja bagaimana dan seperti apa kejutan Suzuki dan Toyota untuk pasar MPV.

bagaimana pendapat kalian? Sampaikan di kolom komentar di bawah ini.

Original Article