Lexus Capai Penjualan 1 Juta Unit di Eropa, Separuhnya Model Hybrid!

Lexus Capai Penjualan 1 Juta Unit di Eropa, Separuhnya Model Hybrid!

Shared by Autonetmagz.com for IIMS

AutonetMagz.com – Lexus adalah merek mewah lansiran Toyota yang didaulat untuk menjadi lawan bagi merek-merek mewah asal Eropa seperti BMW, Mercedes-Benz dan Audi. Saking seriusnya, Lexus berani memperkenalkan diri di Eropa yang notabene adalah rumah bagi sebagian besar merek mobil mewah di dunia. Pertama kali diperkenalkan tahun 1990, model pertama Lexus adalah Lexus LS400 sebelum kini ada banyak ragam model Lexus yang bisa dipilih sesuai selera dan kebutuhan.

Setelah 30 tahun eksis, Lexus Eropa akhirnya menjual 1 juta mobil secara lokal di benua biru tersebut. Pencapaian tersebut dicatat bulan lalu, 30 tahun setelah merek tersebut meluncurkan Lexus LS 400 pertama di Eropa yang menyumbang 1.158 penjualan tahun itu. “Ini mungkin permulaan yang sederhana, tapi itu menandai permulaan dari transformasi pasar mobil premium ketika Lexus LS membatasi kembali apa yang seharusnya menjadi mobil mewah dalam hal performa, kemampuan, dan bahan yang ditingkatkan,” ujar pembuat mobil Jepang itu.

Mobil mewah terlaris perusahaan satu darah Toyota itu adalah Lexus RX, yang menjadi SUV mewah hybrid pertama di dunia pada pertengahan tahun 2000-an dengan penjualan 289.284 unit, disusul model IS dengan 202.210 kendaraan dan NX dengan 155.366 unit. Selain itu, Lexus juga menjual 97.637 CT, serta 74.998, 58.234, dan 39.059 unit GS, LX, dan LS. Supercar LFA, yang diproduksi di pabrik Motomachi di Jepang antara 2010 dan 2012, telah terjual 38 unit di Eropa.

Pasar Lexus Eropa bagian barat mencakup negara-negara seperti Inggris, Norwegia, Islandia, dan Swiss, sedangkan pasar Timur terdiri atas wilayah Kaukasus, Rusia, Ukraina, Kazakhstan, Turki, dan Israel. Dari 1 juta kendaraan yang didaftarkan Lexus di Eropa selama tiga dekade terakhir, 45% merupakan mobil hybrid. Sebagai perbandingan, 96% penjualan perusahaan di Eropa Barat saat ini adalah kendaraan listrik, dan di Inggris persentase ini meningkat menjadi 99,7%, yang berarti menyumbang lebih dari seperempat total penjualan merek di Eropa Barat.

Lexus sendiri bisa dibilang lebih sukses secara global jika dibandingkan dengan merek mewah Jepang lainnya seperti Infiniti dan Acura. Acura saat ini hanya tersedia di pasar Amerika Serikat saja dan belum ekspansi lagi ke pasar negara lain. Kalau Infiniti, sebenarnya Infiniti sempat membesar juga di pasar Eropa, namun akhirnya pamit karena kalah laku dibandingkan merek-merek lain dan produknya juga tidak modern alias kurang kekinian. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Original Article