Lebih Dari 50% Mobil Baru Berwarna Hitam/Putih, Kok Bisa?

Lebih Dari 50% Mobil Baru Berwarna Hitam/Putih, Kok Bisa?

Shared by Autonetmagz.com for IIMS

AutonetMagz.com – Coba kalian lihat ke sekitar kalian, mobil warna apa yang paling sering kalian temui di jalan? Tebakan kami, adalah warna monokrom. Yap, warna Hitam, Putih, Silver dan Abu – abu yang masuk dalam skema monokrom adalah jajaran warna favorit konsumen mobil. Pertanyaanya, kok bisa? Bukankah beberapa warna tertentu juga menarik untuk dilirik?

Mengutip laporan dari BSAF via CNBC, di tahun 2019 kemarin mobil berwarna putih menjadi yang terlaris dengan angka mencapai 39% dari total penjualan global. Sedangkan warna hitam ada di posisi kedua dengan 16%, disusul Abu – abu dengan 13%, dan silver dengan 10%. Kalau ditotal, warna hitam dan putih saja sudah mendominasi lebih dari 50% mobil di dunia ini. Sedangkan warna monokrom mendominasi 78% dari total penjualan mobil baru selama setahun di 2019. Artinya, konsumen yang membeli mobil dengan warna selain monokrom, termasuk hero color mereka, terbilang kecil. Padahal, kita tahu bahwa pabrikan seperti Mazda melabeli sejumlah warna khusus dengan warna spesial, dan lebih mahal.

Nah, kondisi ini didasari pada beberapa alasan. Pertama, warna – warna tersebut adalah warna yang selalu ada di setiap mobil, mayoritas. Sehingga konsumen tidak perlu ambil pusing untuk memilih warna, dan pada dasarnya opsi warna ini biasanya cocok – cocok saja diterapkan di seluruh model mobil. Kedua, membeli mobil dengan warna – warna tersebut kadang memberikan ‘jaminan’ bahwa harga jual kembali mobil bisa lebih baik dibandingkan warna yang nyentrik. Selain itu, warna monokrom juga tidak lekang oleh waktu, alias bisa selalu sesuai dengan style dari pemiliknya. Beberapa alasan ini akhirnya membuat diler juga ‘main aman’.

Tentunya diler tidak ingin menyimpan stok warna mobil yang tidak laris. Sebaliknya, mobil dengan warna favorit akan dipesan lebih banyak ke pabrikan. Inilah yang menyumbangkan angka seperti kami singgung di awal. Oiya, sejumlah warna juga kadang terasosias dengan kendaraan tertentu. seperti contohnya warna biru dan mobil listrik. Sedangkan sejumlah pabrikan kini menambah ragam warna laris mereka dengan memberikan diferensiasi. Sebut saja Mercedes-Benz yang memiliki opsi warna hitam yang beragam, baik hitam biasa, magnetite blackmetallic, hingga obsidian black metallic. Alhasil, konsumen warna mainstream tersebut makin banyak pilihan, namun masih sesuai selera mereka.

Jadi, bagaimana menurut kalian? Kalau mobil kalian warna apa? Monokrom juga kah?

Original Article