Lakukan Ini Saat Motor Anda Lebih Banyak di Rumah Aja

Lakukan Ini Saat Motor Anda Lebih Banyak di Rumah Aja

Shared by Motovaganza.com for IIMS

JAKARTA, Motovaganza.com – Setelah #workfromhome #dirumahaja dan kini pemerintah DKI Jakarta bersiap memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Artinya sepeda motor Anda bakal semakin jarang digunakan. Di satu sisi tentu saja membosankan. Tapi coba kita lihat dari sisi positifnya. Anda tak perlu bermacet-macetan di jalan dan budget pengeluaran untuk membeli BBM berkurang. Toh motor Anda lebih banyak parkit di garasi.

Meski demikian bukan berarti si motor hanya ngejogrok tidak diperhatikan. Anda tak boleh acuh dalam hal perawatannya. Termasuk menjaga kebersihan motor. Caranya mudah, tapi tetap butuh ketelitian sang pemilik.

Pertama jelas cuci bersih motor Anda. Apalagi jika sebelumnya si tunggangan dipakai dalam kondisi hujan. Jangan menunggu lama karena zat garam yang terkandung pada air hujan bisa merusak motor. Dampaknya cat pada bodi bisa kusam, dan parahnya menimbulkan korosi pada bagian-bagian berbahan besi. Lalu gunakan shampo khusus motor, bukan deterjen serbuk. Setelah itu, kegiatan ini bisa Anda lakukan secara rutin paling tidak dua kali seminggu.

Kalau bisa poles bodi. Pasalnya, bersih saja tidak cukup. Untuk mendapatkan hasil lebih baik, Anda dapat pula memanfaatkan produk poles. Namun, pastikan dulu seluruh bagian terutama bodi dalam keadaan kering. Lantas gunakan cairan yang ramah dengan cat. Sebagian dari Anda mungkin tidak punya mesin poles. Tapi pekerjaan ini tetap bisa dilakukan mandiri di rumah dengan memakai pad atau microfiber. Tekniknya pun sama, dengan cara memutar dan tidak usah menekannya secara berlebih. Usahakan proses ini berlangsung di dalam ruangan demi menghindari debu. Dan menggunakan cahaya yang cukup agar pemolesan maksimal.

Bersihkan Kaki-kaki

Memastikan bagian bermaterial besi atau metal dalam keadaan kering juga sangat penting. Jika tidak, sisa-sisa air setelah pencucian dapat menyebabkan karat. Hal ini juga mesti Anda lakukan hingga ke area kaki-kaki. Misalnya pelek, rem, maupun swingarm. Begitu pula rantai, khusus pada motor konvensional (transmisi manual). Kemudian oleskan pelumas atau grease (gemuk) agar terhindar dari karat.

“Perawatan ini dapat dilakukan sendiri, termasuk saat lama tak terpakai di rumah. Beberapa hal perlu diperhatikan pemilik. Kadang terdapat komponen sepeda motor yang butuh perhatian lebih karena dikhawatirkan memengaruhi kinerjanya nanti,” kata Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM).

Bersihkan Ban

Kebersihan ban pun penting dijaga. Paling utama, hilangkan kotoran yang tertinggal pada seluruh roda. Setelah itu, oleskan bagian dinding dengan produk semir ban. Ingat pilih cairan yang aman terhadap karet agar tidak menyebabkan getas.

Setelah rangkaian pembersihan tadi, Anda pasti tak ingin bodi motor dihinggapi debu. Hindari memarkirnya di tempat terbuka. Selain menghindari debu juga menjauhkan tubuh tunggangan terpapar sinar matahari langsung. Pasalnya, sinar ultraviolet bisa menyebabkan cat menjadi kusam. Jika sudah demikian sia-sia perawatan yang sudah Anda lakukan tadi. Kalaupun tidak punya tempat parkir tertutup, selimuti tubuh motor Anda dengan kain atau cover motor.

Baca Juga: Jaga Kebersihan Motor Saat di Rumah Saja, Mudah Namun Harus Teliti

ARY DWINOVIANSYAH | RAJU FEBRIAN

The post Lakukan Ini Saat Motor Anda Lebih Banyak di Rumah Aja appeared first on Motovaganza.

Original Article