Lada 50th Anniversary : 30 Juta Unit Sudah Terjual!

Lada 50th Anniversary : 30 Juta Unit Sudah Terjual!

Shared by Autonetmagz.com for IIMS

AutonetMagz.com Pabrikan mobil asal Rusia, AutoVAZ atau yang lebih dikenal lagi sebagai Lada, merayakan hari jadinya yang ke-50. Sebanyak 30 juta unit kendaraan ternyata telah diproduksi oleh pabrik AutoVAZ JSC di Togliatti, Rusia pada peringatan setengah abad pabrikan otomotif tersebut. Mobil terlaris Rusia yaitu Lada Granta dengan warna merah metalik, adalah kendaraan ke-30 juta yang diproduksi. Selain itu, beberapa acara menarik digelar, dari melakukan test drive mobil Lada, hingga disediakan berbagai perlombaan dan games.

Namun dalam rangka peringatan Lada yang ke-50 ini, tidak ada salahnya jika kita mengingat kembali bagaimana perjalanan produksi Lada hingga sekarang. Semua berawal pada bulan April 1970, enam unit Lada 2101 ‘Zhuguli’ sedan sebagai produk pertama nan legendarisnya diluncurkan dari jalur perakitan pabrik Togliatti, 1000 km tenggara dari Moskow. Total, ada dua Zhuguli warna biru, dan empat Zhuguli dalam warna merah ceri. Warna tersebut dimaksudkan agar sesuai dengan bendera Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia.

Dalam 18 tahun pertama operasinya, hingga kejatuhan Uni Soviet, lebih dari 4,8 juta Fiat 124 dijual dan mobil Lada 2101 diproduksi. Hal tersebut terjadi bersamaan dengan mulai diproduksinya 7,1 juta unit dari generasi lanjutan dari 2106 dan 2107 generasi sedan selanjutnya, serta 2,5 juta unit Lada Nivas 4×4. Dan sekarang, AutoVAZ Lada adalah pabrikan terbesar di Rusia, menempati lebih dari 600 hektar (6 km persegi) lahan, memiliki lebih dari 300 km jalur produksi dengan lebih dari 37.000 pekerja, dan memiliki lebih dari 20 persen pangsa pasar penjualan saat ini.

Terlihat dari jalanan Rusia, dimana diisi oleh hampir satu juta sedan 2101, 30 persen terdiri dari kendaraan AutoVAZ. Sekedar informasi, AutoVAZ itu sekarang merupakan bagian dari Renault Group. Dan saat ini mereka memiliki enam model Lada yang sedang diproduksi, yakni Vesta, Xray, Granta, Largus, dan Niva. Diantara enam model tersebut, Niva adalah varian baru dari ‘Chevy Niva’ yang merupakan kolaborasi antara Chevrolet dan AutoVaz. Lada 4×4 saat ini sebenarnya adalah model Niva, yang masih dalam produksi sejak 43 tahun lalu.

Jadi, apa pendapat kalian? Sampaikan di kolom komentar.

Original Article