Konsentrasi Garap Pasar MPV, Wuling Andalkan Cortez CT Bermesin Turbo dengan Fitur Lengkap

Konsentrasi Garap Pasar MPV, Wuling Andalkan Cortez CT Bermesin Turbo dengan Fitur Lengkap

Shared by Drivenhype.com for IIMS

Sosok Cortez CT menegaskan kehadiran Wuling di segmen Medium MPV yang menawarkan desain elegan, kenyamanan, performa, kepraktisan, dan fitur teknologi berlimpah dengan harga terjangkau.

Drive and Hype – Tepat di tahun ini, sudah 3 tahun Wuling Motors hadir di Indonesia. Agar bisa diterima lebih cepat oleh konsumen Indonesia, konsentrasi pasar pertama Wuling difokuskan pada segmen MPV yang kendati pasarnya luas, namun ketat persaingannya. Untuk segmen MPV ini, Wuling menghadirkan varian Confero untuk kategori Low-MPV dan Cortez untuk kategori Medium MPV.

Wuling Confero di negeri asalnya berjuluk HongGuang, yang merupakan mobil multiguna (MPV) yang diproduksi sejak September 2010 oleh SAIC-GM-Wuling, perusahaan join-ventura dari Shanghai Automotive Industry Corporation, Liuzhou Wuling Motors Co, dan GM Tiongkok. Pada 2013 hingga 2017, hadir di India dengan nama Chevrolet Enjoy. Di Indonesia, dinamakan Wuling Confero yang meluncur resmi 2 Agustus 2017 oleh SAIC-GM-Wuling Motor Indonesia.

Belum setahun, tepatnya 8 Februari 2018, Wuling Motors kembali memperkenalkan kendaraan penumpang 7-seater andalannya di segmen Medium MPV, Wuling Cortez. Kehadiran Cortez seperti menambah amunisi segar bagi Wuling melahap pasar Medium MPV domestik. Keberadaan Cortez di segmen Medium MPV ‘sedikit’ lebih ringan karena persaingan tidak terlalu ketat namun didominasi sebuah model dari MPV Jepang yang terkenal sebutan MPV sejuta umatnya.

Wuling Cortez CT mendeskripsikan dirinya sebagai pilihan baru di segmen Medium MPV dengan fitur andalan

Sesuai posisinya di Medium MPV, Wuling Cortez menghadapi sang raja Toyota Kijang Innova, Nissan Serena, Toyota Voxy, dan Toyota Sienta. Dengan mengusung konsep The New Choice of MPV di awal kehadirannya, Wuling Cortez mendeskripsikan dirinya sebagai pilihan baru di segmen Medium MPV dengan fitur andalan seperti Stylish LED Headlamp dengan Auto Lamp, Sporty 16” Two Tone Alloy Wheel, Dynamic Fog Lamp & DRL Design, serta fitur berkelas di segmennya.

“Hadirnya Cortez didasari semangat Drive For A Better Life. Kami ingin pelanggan merasakan semangat tersebut melalui produk terbaru ini dan memberi pilihan terbaik bagi masyarakat,” ujar Vice President of Vehicle Sales, Service and Marketing (VSSM) Wuling Motors, Cindy Cai, saat peluncuran Cortez tipe C dan L.

Mirip Confero, belum lama Cortez 1.8L diluncurkan, pada pameran IIMS 2019 yang berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta, tepatnya di hari pertama pameran (25/4/2019), Wuling Motors kembali memperkenalkan Cortez CT dan sang adik, Confero S ACT. Wuling Cortez CT yang ber-tagline ‘The New Advanced MPV’ kini dibekali mesin 4-silinder 1.500cc dengan perangkat Turbocharger bikinan Honeywell.

“Cortez CT mengusung pengalaman berkendara berbeda serta penambahan fitur modern. Sejalan semangat ‘Drive For A Better Life’, kami berinovasi melalui produk dan layanan, untuk membawa konsumen menuju kehidupan lebih baik. Kami berharap, mobil ini menjawab kebutuhan masyarakat,” ujar Cindy Cai, Vice President Wuling Motors saat launching Cortez CT saat itu.

Ada beberapa perbedaan desain eksterior Cortez CT bila dibanding pendahulunya. Untuk desain eksterior, Cortez CT hadir dengan desain eksterior dengan grill baru. Tampilan desain dengan lekuk elegan penuh gaya ini menunjukkan ketegasan dan ketangguhan Cortez CT. Untuk dimensi, Cortez CT memiliki ukuran sedikit kompak dengan panjang 4.530 mm, lebar 1.691 mm, tinggi 1.730 mm dengan jarak sumbu roda 2.720 mm.

Di buritan, pada Cortez CT ditempelkan emblem bertuliskan Turbo dengan latar merah. Emblem ini menjelaskan bahwa Cortez CT dibekali mesin turbo yang tentunya memberikan sensasi berkendara yang lebih menyenangkan. Secara segmen pasar, dapur pacu Wuling Cortez CT turbocharged ini turut menegaskan aspek Confident, Comfort, dan Complete.

Wuling membekali Medium MPV ini dengan mesin 4-silinder segaris 1.500 cc yang didukung Turbocharger by Honeywell. Dapur pacu Cortez CT mampu menyemburkan output daya 140 hp dengan torsi 250 Nm yang dihantarkan ke roda depan. Sama halnya Wuling Almaz, sistem kerja turbo pada mesin Cortez CT, memanfaatkan energi sisa pembakaran mesin yang digunakan memutar turbin. Setelah terputar, turbin kemudian akan memutar sisi kompresor turbo untuk menghasilkan tekanan tinggi di ruang bakar guna tenaga lebih besar.

Wuling Cortez CT mengusung mesin 4-silinder segaris 1.500 cc yang didukung Turbocharged by Honeywell mampu menyemburkan output daya 140 hp dengan torsi 250 Nm

Tidak hanya mesin turbo, The New Advanced MPV ini dipasarkan dalam dua pilihan transmisi, yakni manual 6 percepatan pada tipe C atau Continuously Variable Transmission (CVT) untuk di tipe C dan L. CVT merupakan transmisi otomatis yang mampu mengubah rasio secara kontinyu sepanjang rentang rasionya.

Sebuah CVT mempunyai rasio yang tidak terbatas. Teknologi CVT pada mobil membuat setiap perpindahan terasa lebih halus dan responsif, sehingga kenyamanan berkendara akan lebih terasa. Berkat perpindahan CVT yang halus, mendukung konsumsi BBM efisien . Khusus tipe C tersedia transmisi manual 6-percepatan.

Dalam kesempatan jumpa pers virtual saat bulan Ramadhan kemarin, Media Relation Wuling Motors, Brian Gomgom menyatakan, “Sejak pertama kali dihadirkan di Indonesia, hingga Maret 2020, Wuling Cortez sudah terjual 9.466 unit. Hasil ini sudah cukup baik dan sebagai indikasinya penjualan di tiap tahun naik terus.”

Cortez CT dilengkapi beragam fasilitas lengkap meliputi Advanced 8 inci Entertaiment System dengan Navigation 6-speaker MID 7 inci

Masuk ke interior, nuansa elegan dan mewah kuat ditonjolkan pada medium MPV ini. Kabin terlihat modern, nyaman, dan lapang dengan pilihan konfigurasi 7-seater captain seat. Layout dasbor Wuling Cortez CT hadir dengan desain interior baru corak wood panel yang lebih soft. Selain itu, center console juga menggunakan motif glossy, dan setir berlapis kulit asli yang nyaman digenggam.

Bangku depan Cortez CT juga dilengkapi pengaturan elektrik. Untuk fitur entertainment, Cortez CT memberikan Anda hiburan terbaik melalui Head-up Display berukuran 8 inci. Fitur terdepan yang melengkapi yakni One Push Start/Stop Button, Keyless Entry, Advanced 8” Entertainment System with Navigation, Exquisite Atmosphere Lamp, Modern Center Cluster Design dengan Auto AC, serta Classy Electric Sunroof yang semakin memanjakan pengemudi dan penumpang.

Wuling Cortez CT juga disematkan fitur keamanan dan keselamatan terbaik, sehingga selain nyaman, juga merasa aman berkendara. Perangkat penunjang keselamatan Cortez CT mencakup Dual SRS Front plus Side Airbag, Traction Control System (TCS), Electronic Stability Control (ESC), Hill Hold Control (HHC), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), ISOFIX, Automatic Vehicle Holding (AVH), Electric Parking Brake (EPB), sistem pengereman atau deselerasi seperti ABS, EBD, dan BA. Lalu untuk asistensi pengemudi, tersedia Rear Parking Camera, Parking Sensor hingga Emergency Stop Signal (ESS).

Perpaduan m,esin turbo dengan transmisi CVT menghasilkan rasa berkendara yang sensasional dan nyaman

“Semua produk Wuling di Indonesia sudah berdasarkan riset pasar untuk disesuaikan karakteristik konsumen Indonesia. Kita selalu memberikan pembeda bagi produk Wuling jika dibandingkan dengan kompetitor di pasaran. Itulah mengapa seperti model lain Wuling, Cortez CT dilengkapi fitur lengkap,” papar Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors Indonesia, di kesempatan konferensi pers virtual saat bulan Ramadhan kemarin.

Wuling Cortez CT dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 238.500.000 hingga Rp 290.000.000 untuk area Jakarta. Pilihan warna yang tersedia untuk Cortez CT terdiri dari Pristine White, Dazzling Silver, Aurora Silver, Starry Black dan Burgundy Red.

Dinobatkannya Cortez CT sebagai Best of Medium MPV Gasoline versi Tabloid OTOMOTIF tahun 2020 menandai penghargaan kedua bagi MPV Wuling ini selama kiprahnya di pasar Tanah Air. Sebelumnya, Cortez CT meraih penghargaan di kategori Best Medium MPV di perhelatan Gridoto Award 2019.

Kualitas produk Wuling sebenarnya tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya SGMW sebagai induk Wuling Motors baru saja merayakan produksi ke-22 juta unit pada 25 Mei 2020 di pabrik SGMW yang berlokasi di Liuzhou, China.

Total produksi yang telah mencapai 22 juta unit ini merupakan akumulasi produksi di empat pabrik SGMW yang berada di Liuzhou, Baojun, Qingdao, dan Chongqing, selama kurun waktu 35 tahun (1985- Mei 2020). Termasuk volume ekspor yang sudah dilakukan ke 40 negara di seluruh dunia.

SGMW juga meluncurkan logo baru berwarna silver sebagai perwujudan citra produk di pasar global yang dapat diandalkan serta memiliki durabilitas yang baik. Logo silver ini juga sebagai langkah baru untuk memperkuat strategi SGMW di pasar otomotif dunia

Wuling Cortez CT hadir memberi pilihan terbaru bagi konsumen Indonesia dengan format Medium MPV premium disertai berbagai fitur berlimpah dibanding pesaingnya. Keunggulan signifikan Cortez selain fitur lengkap dan mesin turbo, tentu berkat harga kompetitif. Terlebih, Wuling Motors menghadirkan Cortez CT dengan pilihan mesin turbo. Ini yang membuat Wuling Cortez CT menjadi alternatif pilihan mobil keluarga bermesin turbo dengan harga terjangkau.

Foto: Dok. DnH/Wuling

Original Article