Komunitas Motor Harus Konfirmasi IMI Sebelum Touring, Begini Alasan IMI

Shared by Zonabikers.com for IIMS

Para bikers dari berbagai komunitas motor yang kerap melakukan aktivitas touring, bereaksi atas pernyataan Sadikin Aksa selaku Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Beragam komentar dilontarkan para bikers terkait pernyataan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Sadikin Aksa, yang menyatakan bahwa komunitas motor yang akan melakukan perjalanan touring harus melakukan konfirmasi terlebih dahulu kepada IMI sebelum melakukan perjalanan.

Kebanyakan bikers memberikan tanggapan yang bertolak belakang dengan apa yang disampaikan oleh IMI. Banyak komunitas motor yang hobi touring, belum menjadi anggota dari IMI.

Menanggapi reaksi para bikers dari berbagai komunitas, Sekjen IMI Pusat Jeffry Jp menyatakan, sejatinya IMI ingin adanya saling koordinasi antara komunitas yang sedang touring dengan IMI.

Hal ini dimaksudkan agar, adanya pemantauan bagi para bikers yang sedang touring dengan pengurus IMI ditempat asal bikers tersebut.

“Ya kita belajar dari kejadian yang beberapa waktu lalu terjadi, hal inilah yang kita bersama ingin hindari,” ujar Jeffry, ketika dikonfirmasi tim zonabikers.com melalui sambungan telepon.

Disampaikan oleh Jeffry, sebelum beberapa kejadian yang melibatkan bikers yang tengah touring, IMI juga telah menyiapkan Standart Operational Procedure (SOP) untuk konvoi perjalanan touring.

IMI menyadari belum banyak komunitas yang mau bergabung dengan IMI. Meski demikian, IMI merekomendasikan agar komunitas yang ingin melakukan perjalanan bisa melakukan koordinasi dengan IMI melalui perwakilannya di beberapa daerah.

Dengan adanya koordinasi ini, diharapkan IMI bersama pihak lain seperti Kepolisian bisa memantau komunitas yang sedang touring selama dalam perjalanannya.

Selain itu, pimpinan grup touring juga disarankan untuk melakukan konfirmasi kepada IMI terkait dengan tujuan touring, rute yang dilalui dan juga jumlah peserta perjalanan touring.

Disampaikan oleh Jeffry juga, IMI kedepannya juga akan mengadakan program sertifikasi bagi para bikers yang menjadi pimpinan perjalanan touring.

Melalui SOP yang dibuat oleh IMI, komunitas bisa saling bersinergi dan turut serta memperbaiki pandangan negatif masyarakat kepada komunitas motor.

Ketika ditanyakan perihal biaya pengajuan konfirmasi yang harus dikeluarkan oleh komunitas bikers yang ingin touring kepada IMI, Jeffry belum bisa memberikan kepastian mengenai besaran biaya yang harus dikeluarkan.

“Mengenai masalah biaya, kita belum bisa kasih keterangan. Nanti kita rumuskan dahulu bersama dengan pengurus IMI yang ada di daerah,” tutup Jeffry.

The post Komunitas Motor Harus Konfirmasi IMI Sebelum Touring, Begini Alasan IMI appeared first on Zonabikers.com.

Original Article