Komunitas ECBC Donasikan Al-Quran untuk Pesantren Dhuafa di Bogor

Shared by Mobitekno.com for IIMS

Mobitekno – Donasi ini merupakan bentuk sosial komunitas ECBC (European Car & Bussines Club) dalam menjalankan program “Donasi 10 Ribu Al-Quran”. Donasi dilakukan di beberapa pondok pesantren dhuafa di seputaran Bogor. Penyerahan Al-Quran ini juga dilakukan secara simbolis pada hari ini (6/9) di Kemang, Jakarta.

Untuk tahap awal, ada 500 Al-Quran yang dibagikan dalam program yang diinisiasi oleh Donny Pur, pengusaha dan direktur di beberapa hotel bintang 5, yang juga tergabung dalam komunitas ECBC. Adapun, penyaluran Al-Quran di tahun 2020 ini juga turut mengajak beberapa komunitas lainnya. “Untuk penyaluran berikutnya segera kami lakukan. Dengan begitu, target kami yakni 10 ribu Al-Quran tercapai tahun ini,” ujar pria yang kerap disapa Masbos Kanjeng ini.

Komunitas ECBC sendiri merupakan komunitas baru yang dipimpin oleh presidium yang diketuai oleh Djarot Trisunu, aktivis sekaligus ketua umum IKUBI ( Ikatan Komunitas UKM Bisnis Indonesia). ECBC beranggotakan para antusias mobil eropa seperti Mercedez Benz, BMW, Volvo, Peugeot, VW dab merk mobil eropa lainnya.

Keanekaragaman merek dan varian yang ada di komunitas ini memang menjadi kekuatan klub yang memiliki tagline “Sejiwa” ini. Rencananya, peluncuran resmi komunitas ini akan diadakan pada bulan Oktober mendatang, bersamaan dengan momen Sumpah Pemuda.

Kegiatan membagikan Al-Quran sendiri merupakan salah satu program komunitas di bidang sosial. Aktivitas donasi mulai dijalankan di September 2020 dengan menyasar pondok pesantren dhuafa di kawasan Bogor. Tentunya aktivitas ini dibarengi dengan kegiatan touring jarak dekat.

“Keanggotaan komunitas ini terbuka bagi pemilik mobil dar berbagai merek yang berasal dari Eropa. Anggota yang sudah ada ini rata-rata menyukai bisnis atau sudah memiliki bisnis sendiri. Hal ini dibuktikan dari banyaknya anggota yang bergabung di ECBC berasal dari komunitas yg mengusung varian dan merek tertentu saja. Hal ini semakin memperkuat tekad para pengurus untuk terus memperkenalkan ECBC ke komunitas lainnya. Dengan begitu, komunitas ECBC bisa menjadi benang merah komunikasi dari para penggemar mobil Eropa. Kami bukan akan menyaingi komunitas yang sudah ada sebelumnya. Tetapi justru komunitas ini adalah pelengkap,” ujar Djarot Trisunu ketika dijumpai saat rapat kecil di bilangan Kemang yang didampingi Sekjen ECBC, Lia Kusuma.

Lia Kusuma juga menambahkan, latar belakang merek mobil yang berbeda menjadikan tantangan tersendiri dalam mengumpulkan dan anggota komunitas. “Lingkup keanggotan kami justru semakin luas sehingga program-program kami juga semakin bervariasi,” ujarnya.

Sementara itu Donny Pur mengatakan bahwa program ini diharapkan dapat membawa efek domino bagi para anggota maupun komunitas mobil lainnya agar dapat melakukan aktivitas serupa. “Tentu di saat pandemi ini kita semua prihatian dan kalau bisa kita memberi apa yang kita bantu ke saudara-saudara kita baik secara materi maupun dalam bentuk kepedulian,” ujar Donny Pur, yang juga Presiden Direktur PT Kairos Momentum Kapital.

Saat ini selain kegiatan touring dan sosial, komunitas ECBC juga meyasar program bisnis. Ke depannya, komunitas ini akan bekerja sama juga dengan beberapa universitas, asosiasi bisnis seperti HIPMI, IKUBI, dan komunitas lainnya untuk menjalan program-program sosial lainnya.

Original Article