Komponen Lampu Utama Sering Alami Gangguan, Pahami Penyebabnya

Shared by Zonabikers.com for IIMS

Seiring masa pemakaian, komponen kendaraan bermotor akan mengalami penurunan perfomanya atau bahkan rusak. Komponen yang tak jarang mengalami masalah adalah komponen pencahayaan khususnya lampu utama.

Lampu utama atau lampu depan merupakan salah satu bagian penting dari sepeda motor. Saking pentingnya, penggunaannya diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dimana semua pengendara harus menyalakan lampu utama saat berkendara.

Tujuannya supaya pengendara mobil atau truk bisa menyadari keberadaan sepeda motor di belakangnya dari pantulan lampu utama pada spion. Dengan demikian, potensi terjadinya kecelakaan bisa dihindari.

Lantas apa saja yang yang dapat menyebabkan gangguan pada lampu utama?

MenggunakanBohlam dengan watt yang Lebih Besar

Meski bertujuan membuat pencahayaan lampu jadi lebih terang, tapi langkah ini bisa menimbulkan risiko yang cukup parah. Risiko pertama reflektor lampu bisa meleleh dan relay hangus atau meleleh. Selain itu, kabel juga bisa meleleh karena panas berlebih, aki tekor, mika kaca cepat kusam.

Lampu Depan SeringTertutupJas Hujan

Saat musim hujan, banyak rider meletakan jas hujan di bagian stang saat tiba ditujuan setelah berkendara di bawah guyuran hujan. Kondisi ini menyebabkan lampu depan jadi cepat panas karena tidak ada pendinginan dari udara luar. Selain itu, bohlam lampu tidak bisa melepaskan panas dengan sempurna.

Lampu yang panas ini akan merembet pada fitting dan membakar bagian fitting sehingga lampu mudah terbakar dan putus.

Mika Lampu Kotor.

Kotoran pada mika lampu juga jadi salah satu penyebab kerusakan. Saat lampu menyala, kotoran dan debu yang melekat di mika membuat proses pendinginan terhambat. Selain membuat lampu utama cepat putus, reflektor pun bisa cepat rusak karena panas berlebih.

Dengan menghindari hal-hal tersebut, komponen kelistrikan motor akan lebih awet dan memangkas biaya penggantian komponen karena tidak cepat rusak.

The post Komponen Lampu Utama Sering Alami Gangguan, Pahami Penyebabnya appeared first on Zonabikers.com.

Original Article