KIA Picanto Dapat Bintang Nol di Latin NCAP!

KIA Picanto Dapat Bintang Nol di Latin NCAP!

Shared by Autonetmagz.com for IIMS

Autonetmagz.com – KIA Picanto merupakan salah satu citycar terlaris di dunia dikarenakan bentuknya yang keren dan efisiensi bahan bakar serta harganya yang bersahabat. Namun versi terbaru dari KIA Picanto baru saja diuji oleh New Car Assessment Program (NCAP) Amerika Selatan. Dan hasilnya, Latin NCAP menilai KIA Picanto sebagai mobil yang memiliki resiko tinggi dalam tabrakan, tapi kok bisa? Yuk kita bahas.

Nah, KIA Picanto menjadi mobil Korea Selatan kedua setelah Hyundai HB20 yang juga terciduk oleh Latin NCAP atas kurangnya fitur keselamatannya. Latin NCAP menegaskan kepada KIA untuk menambahkan fitur keselamatan standar internasional untuk Picanto-nya, setelah mendapatkan skor nol pada uji tabrak mereka. Pada uji tabrak Latin NCAP yang meliputi frontal impact, side impact, whiplash & pedestrian protection, KIA Picanto mendapatkan nol persen dalam perlindungan penumpang dewasa, 29 persen untuk penumpang anak kecil, 51 persen buat pejalan kaki serta tujuh persen dalam Safety Assist.

Hasil tersebut menggambarkan betapa kurangnya KIA soal fitur keselamatan pada model Picanto. Pabrikan asal Korea Selatan tersebut tidak memberikan ABS dan EBD sebagai fitur standar, serta airbag pada bagian samping dan kepala pun tak hadir. Alenjandor Furas selaku Secretary General Latin NCAP menyatakan kekecewaannya terhadap KIA. Beliau menyatakan bahwa ia kecewa terhadap KIA karena mereka menawarkan Picanto di Eropa dengan fitur keselamatan berlimpah, namun untuk wilayah Amerika Selatan semua itu di sunat.

Padahal generasi KIA Picanto sebelumnya masih berhasil mencatat tiga bintang saat diuji oleh Latin NCAP pada tahun 2017 lalu. Cukup mengejutkan KIA menurunkan standar mereka dalam tiga tahun tersebut. Alejandro Furas menambahkan kalau Latin NCAP tidak merekomendasikan masyarakat untuk membeli mobil dengan standar kualitas keselamatan serendah ini. Hal ini bisa menjadi pelajaran bagi KIA dan Hyundai. Kedepannya konglomerat besar Korea Selatan ini setidaknya harus memberikan fitur-fitur standar sepert ABS, EBD dan teknologi keselamatan modern lainnya kedalam mobil-mobilnya diluar Korea, Eropa dan Amerika.

Ini otomatis akan menenangkan hati calon konsumen saat ingin membeli mobil Kia dan Hyundai, jadi tidak ada ruginya menambahkan fitur-fitur tersebut. Bagaimana menurut kalian? Tulis di kolom komentar ya opini nya.

Original Article