KIA Indonesia Sebar Teaser KIA Sonet, Segera Launching!

KIA Indonesia Sebar Teaser KIA Sonet, Segera Launching!

Shared by Autonetmagz.com for IIMS

AutonetMagz.com – Mungkin beberapa dari kalian sudah lelah melihat banyaknya spyshot dari KIA Sonet di Indonesia. Kami pun merasakan hal yang sama, namun penantian akan SUV kompak ini nampaknya akan segera berakhir, karena pihak KIA Indonesia secara resmi telah merilis teaser dari KIA Sonet di situs resmi mereka. Apa Artinya? Jelas, mobil ini akan segera dirilis di Indonesia.

Jadi, situs resmi KIA Indonesia di bawah naungan PT Kreta Indo Artha (KIA) telah mengunggah teaser dari KIA Sonet. Nampaknya, KIA juga tidak malu – malu lagi memperlihatkan SUV mereka ini, toh dengan sedikit ilmu photoshop, kami sudah bisa melihat sosok utuh mobil ini. KIA Sonet sendiri nampaknya akan mengisi slot di bawah KIA Seltos yang sudah terlebih dahulu dipasarkan di Indonesia. Jika mengacu ke beberapa bocoran yang sempat muncul, NJKB dari KIA Sonet mencapai 174 juta Rupiah untuk yang bertransmisi manual, lalu KIA Sonet transmisi otomatis memiliki NJKB di angka 181 juta Rupiah. Tentunya angka ini masih belum dikenakan beberapa pajak lain hingga statusnya on the road.

Masih mengacu pada data NJKB-nya, KIA Sonet yang dipasarkan di Indonesia nampak akan menggunakan mesin 1.500cc. Sama dengan KIA Seltos? Kubikasinya iya, namun untuk KIA Seltos mendapatkan doping berupa Turbo. Dengan harga yang tertera dan kenyataan bahwa KIA Seltos menggunakan mesin turbo berkubikasi sama, maka bisa kita pastikan bahwa KIA Sonet akan bermesin naturally aspirated. Setidaknya supaya harganya lebih bersahabat dengan rekening netijen Indonesia dan ada diferensiasi dengan kakaknya. Namun, yang menarik, di negeri asalnya yaitu India, KIA Sonet tidak memiliki varian 1.500cc n/a bensin. Yang ada hanya 1.000cc Turbo, 1.200cc n/a bensin, dan 1.500cc CRDi Turbodiesel.

Kalau melihat list mesin milik Hyundai-KIA, ada beberapa seri mesin kappa yang menarik, namun tidak ada yang menggunakan kubikasi 1.500cc. Kebanyakan mesin pabrikan asal Korsel ini menggunakan kubikasi 1.400cc dan 1.600cc. Jadi, kita tunggu saja kejelasannya seperti apa. Yang jelas, KIA Sonet telah berhasil menorehkan sebuah prestasi di India. Pada bulan September 2020 kemarin, KIA Sonet telah berhasil mengalahkan rival beratnya di India, yaitu Maruti Suzuki Vitara Brezza. FYI, Suzuki Vitara Brezza adalah langganan posisi pertama dalam hal penjualan di segmennya dalam beberapa tahun terakhir. KIA Sonet terjual 9.266 unit dalam sebulan, sedangkan Suzuki Vitara Brezza di angka 9.153 unit.

Saudara sebasis dan senegara KIA Sonet, yaitu Hyundai Venue juga kalah dalam hal angka penjualan. Hyundai Venue hanya mencatatkan penjualan sebesar 8.469 unit selama bulan September kemarin. Akankah kesuksesan KIA Sonet di India akan menular ke Indonesia? Kita tunggu saja.

Original Article