Keren, Studio Desain di Italia Rancang Fiat 126 Vision All Electric

Keren, Studio Desain di Italia Rancang Fiat 126 Vision All Electric

Shared by Thegaspol.com for IIMS

1972, adalah awal keemasan Fiat 126. Saat itu Fiat Topolino Cinquecento atau Fiat 500 sudah masuk ke akhir usia produksinya. Fiat butuh pembaruan sebuah mobil berdimensi mungil agar ringkas di perkotaan dan berkapasitas mesin kecil agar hemat bahan bakar. Fiat 126 kemudian menjadi solusinya.

Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada Turin Auto Show, Oktober 1972. Selanjutnya, karena desainnya yang saat itu cukup modern maka mobil ini begitu diminati masyarakat Italia. Fiat mencatat telah menembus angka produksi sekitar 5 juta unit untuk model 126 di seluruh dunia.

Rasanya seperti sebuah Toyota Agya atau Avanza di masa itu, dimana di setiap tikungan, di setiap ruas jalan pasti ada Fiat 126.

Fiat 126 kemudian menjadi sebuah ikon Italia. Memang tidak sebesar Fiat 500, namun Fiat 126 cukup membuat pikiran melayang kepada sebuah gigitan pizza garing, kelembutan seuntai spaghetti, nikmatnya scoop es krim hingga lintasan show para model di Milan. Sebuah kultur pop masyarakat 1970an di Italia.

Bahkan Tom Hanks sangat menyukai mobil ini dan begitu antusias saat menerimanya sebagai kado dari Warsawa, Polandia pada 2017 lalu.

Econobox ini kemudian dicoba untuk ‘diremajakan’ oleh seorang desainer Italia Andrea Della Vecchia punggawa Ma-De Studio. Meskipun hanya sebatas desain rendering, tapi sangat memungkinkan apabila Fiat berminat untuk menjadikannya secara nyata. Mengingat Fiat 126 telah menjalani masa produksi yang sangat panjang, 1972 – 2000.

Mengusung nama Fiat 126 Vision, ini adalah sebuah purwarupa berbentuk gambar dari Fiat 126 All Electric, tujuannya sama menbuat Fiat 126 jadi ‘hijau’. Bentuknya sengaja dijaga seperti bentuk asli Fiat 126 untuk menjaga orginalitasnya dan ikon Italia-nya.

Apabila Fiat benar-benar melirik rancangan Ma-De Studio ini, maka itu merupakan keputusan yang tepat untuk menjaga legenda tetap hidup dan melestarikan ikon budaya Italia kepada mancanegara.

Original Article