Kendati Lulusan SMK, Joko Sukses Menangi Kontes Mekanik Isuzu Internasional

Kendati Lulusan SMK, Joko Sukses Menangi Kontes Mekanik Isuzu Internasional

Shared by Drivenhype.com for IIMS

Isuzu Indonesia menyiapkan secara detail tim mekanik yang dikirim untuk Isuzu World Technical Skill Competition atau lazim disebut I1 Grand Prix. Salah satu pemenangnya bercerita tentang kesuksesannya di ajang tersebut.

Drive and Hype – Isuzu World Technical Skill Competition atau I1 Grand Prix adalah ajang pengujian kemampuan mekanik Isuzu di tingkat dunia. Acara setiap tahun ini merupakan ajang bergengsi brand Isuzu di tingkat dunia. Setiap tahun, Indonesia mengirim putra terbaiknya turut berkompetisi. Pada 2019 lalu, mekanik Isuzu meraih juara 3 besar di ajang Isuzu I1 Grandprix di Jepang.

Salah satu yang sukses di ajang ini adalah Joko Susilo asal Klaten, Jawa Tengah yang hanya lulusan SMK namun mencatat prestasi dengan dengan menjadi juara kedua I1-Grandprix 2018. Joko bersama tim mampu membuktikan Indonesia layak menjadi juara. Dikutip webinar yang digelar @guruhebatsmk dan @isuzuid, Joko mengungkapkan kalau dirinya mencoba seleksi hingga 4 tahun berturut-turut sebelum akhirnya membawa pulang piala dari Jepang.

“Saya ambil jurusan otomotif di SMK 2 Klaten yang berkerjasama dengan PT IAMI (PT Isuzu Astra Motor Indonesia). Sekolah saya itu programnya 4 tahun, terdiri dari 3 tahun pendidikan dan 1 tahun praktek kerja industri,” ucap Joko dalam Inspirational Talk Webinar dengan tema ‘Lulusan Vokasi Berkarya untuk Negeri,’ yang diselenggarakan Isuzu Indonesia.

Joko dalam Inspirational Talk Webinar dengan tema ‘Lulusan Vokasi Berkarya untuk Negeri,’ yang diselenggarakan Isuzu Indonesia

Isuzu Indonesia dalam mengikuti ajang ini juga tidak sembarang dalam persiapannya. Awalnya peserta dari seluruh dealer Isuzu di Indonesia harus melewati tes tertulis maupun praktik. Mereka harus melalui ITSC atau Isuzu Technical Skill Competition yang digelar PT Isuzu Astra Motor Indonesia serta melewati serangkaian pelatihan beberapa bulan sebelum maju tingkat dunia.

Proses pembinaan yang dilakukan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) dilakukan bertahap. Hal ini dimulai dari program ‘CSR link and match’, yakni sebuah program menyesuaikan kurikulum sekolah SMK dengan kebutuhan industri. Dilanjutkan dengan proses seleksi ketat, karantina, hingga ITSC atau Isuzu technical Skill Competition di tingkat nasional.

Hingga saat ini, Joko bergabung di PT Astra International-Isuzu Sales Operation di dealer Astra Isuzu Yogyakarta. Di sana, Joko mengemban tugas sebagai mekanik Bengkel Isuzu Berjalan (BIB) sebuah layanan bengkel yang mengunjungi tempat unit customer bermasalah baik di rumah atau di jalan. Layanan ini bentuk komitmen Isuzu memberi layanan terbaik bagi para pebisnis truk di Indonesia.

Original Article