Karburator Bocor, Periksa 4 Bagian Ini

Shared by Zonabikers.com for IIMS

Tetesan yang keluar dari karburator kadang tak tedeteksi karena posisi karbu tertutup oleh bodi. Karena itu, masalah ini jelas bukan hal yang hal yang harus disikapi dengan santai, karena resikonya cukup besar.

Sejurus dengan usia pakai sepeda motor, beberapa permasalahan kecil dari beberapa bagian sepeda motor akan timbul. Mulai dari masalah kelistrikan hingga masalah pada ruang bakar.

Salah satu contohnya adalah masalah karburator bocor. Selain membuat bensin jadi cepat habis, tetesanya bisa menimbulkan bahaya kebakaran jika terpicu oleh percikan api, baik dari luar maupun dari komponen kelistrikan motor itu sendiri.

Tetesan yang keluar dari karburator kadang tak tedeteksi karena posisi karbu tertutup oleh bodi. Karena itu, masalah ini jelas bukan hal yang hal yang harus disikapi dengan santai, karena resikonya cukup besar.

Karburator bocor bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Setidaknya ada 4 faktor yang harus diperhatikan saat mendapati kebocoran pada karburator.

Periksa Pompa Bensin

Kerja komponen ini adalah memberi tekanan bahan bakar ke karbu. Jika bensin menetes terus, boleh jadi katup di dalamnya sudah tak mampu menutup dengan baik.

Periksa Selang Bensin

Komponen yang berfungsi sebagai aliran bensin ini sering bermasalah pada bagian ujungnya. Usia pakai membuat bagian ujung yang terjepit oleh pengikat menjadi aus atau getas. Selain itu, kerusakan juga terjadi karena seringnya bongkar pasang karbu.

Periksa Jarum Pelampung

Komponen yang ada di dalam karburator ini bisa saja ditempeli kotoran dari kualitas bensin yang kurang baik. Atau bisa juga kondisi tangki yang kotor sehingga kotoran menempel pada ujung jarum yang mengakibatkan kerjanya tak sempurna. Akibatnya bensin terus mengalir dan penampung penuh dan tak tertampung.

Periksa Bak Bensin Karburator

Kotoran yang mengendap di dasar bak bensin karburator juga bisa membuat celah kecil di lubang baut saluran pembuangan. Selain itu, jika motor tak dipakai dalam waktu lama seperti masa Work From Home (WFH) saat ini, hal itu bisa mengakibatkan korosi di dinding penampung bahan bakar.

The post Karburator Bocor, Periksa 4 Bagian Ini appeared first on Zonabikers.com.

Original Article