Jarang dipakai karena WFH? Lakukan 5 Cara ini Supaya Kondisi Motor Awet!

Jarang dipakai karena WFH? Lakukan 5 Cara ini Supaya Kondisi Motor Awet!

Shared by Autos.id for IIMS

Jakarta, Autos.id – Tidak menggunakan motor dalam waktu lama pastinya akan terbengkalai begitu saja di rumah, apalagi kalau motornya kamu tidak pakai karena WFH selama kurang lebih 1 bulan. Biasanya, jika motor tidak lama digunakan akan terjadi banyak gangguan pada mesin. Betul tidak Sobat Autos? Nah, untuk itu, Autosdotid ingin membagikan beberapa tips untuk kamu yang masih WFH selama kurang lebih 1 bulan ini. Yuk, lihat tipsnya berikut ini!

Motor dalam keadaan bersih

Usahakan sepeda motor yang tidak kamu gunakan dengan jangka waktu yang lama dalam kondisi yang bersih dan kering. Hal yang penting agar menghindari korosi atau karat selama tidak dipakai.

Tangki bensin full atau kosong

Bensin pada tangki motor akan menguap dan menimbulkan korosi apabila mesin jarang dihidupkan, dampaknya akan timbul karat di dalam tangki, jadi sebisa mungkin isi penuh tangki bensin atau benar-benar kuras sampai kering.

Standar Tengah

Agar ban motor tidka mudah kempi, gunakan standar tengah dan juga ganjal ban depan dengan kayu tipis atau kardus. Untuk sepeda motor tipe matik, sebaiknya diparkir menggunakan standar tengah juga supaya mudah saat memanaskan mesin.

Cabut aki motor

Cabut aki motor jika digunakan dalam waktu lama. Jika tidak dicabut, aliran listrik dari aki akan terus mengalir sehingga bisa soak. Lebih baik simpan aki motor di tempat yang aman.

Gunakan kick starter

Gunakan kick starter jika ada, ketika pertama kali menyalakan mesin. Setelah tidak digunakan dalam waktu lama biasanya oli akan mengendap, oleh karena itu lebih baik kamu gunakan kick starter.

Nah, itu lah tips mudah dan aman untuk motor kesayangan kamu. Mudah bukan? Semoga WFH pada tahun ini selalu membawa berkah untuk kamu yah Sobat Autos! Semangat!

Original Article