Jangan Ragu Wisata ke Pegunungan Pakai Mobil Matik, Ini Kiat Jitunya

Shared by Drivenhype.com for IIMS

Drivenhype – Salah satu perjalanan wisata menyenangkan, berwisata ke pegunungan. Namun kadang ada kekhawatiran, sanggupkah mobil bertransmisi otomatis mendaki jalan pegunungan? Apalagi jika mobil diisi penumpang penuh beserta barang bawaan.

Drivenhype – Hal ini menjadi topik pembicaraan konten Tanya Bengkel Auto2000 yang disiarkan secara live di akun Instagram @Auto2000id pada hari Kamis (6/11/2020). Wilayah kota Malang terkenal lantaran banyak lokasi wisata seperti kota Batu atau Puncak Bromo yang terkenal hingga ke mancanegara.

Kota Malang sendiri yang berada di dataran tinggi terbilang cocok untuk wisata keluarga. AutoFamily bisa menggunakan mobil Toyota kesayangan untuk berkunjung ke Kota Malang, baik mobil yang menggunakan transmisi manual maupun otomatis.

Khusus untuk AutoFamily yang suka menggunakan kendaraan Toyota bertransmisi otomatis, kendaraan ini juga cocok saat dibawa ke wilayah pegunungan yang penuh jalur naik dan turun. Transmisi otomatis mobil Toyota terkini sudah dilengkapi kontrol elektronik yang memberikan kemudahan bagi AutoFamily untuk melewati berbagai kondisi jalan. Alhasil, AutoFamily cukup memainkan pedal gas sesuai kebutuhan dan melakukan kickdown untuk memperoleh tenaga lebih besar saat mendaki.

Meski begitu, AutoFamily juga tetap dapat mengatur transmisi otomatis secara mandiri dengan memindahkan tuas transmisi ke posisi 2 atau L (1/Low). Penyaluran tenaga akan berlangsung lebih cepat dan mobil sanggup mendaki dengan mudah, bahkan di tanjakan curam sekalipun. Karena ditahan di posisi 2 atau L, maka gigi transmisi tidak akan pindah ke posisi lebih tinggi yang dapat membuatnya kehilangan torsi guna menanjak.

Sementara gigi 3 bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan tenaga lebih besar ketika menyalip, seperti di jalan tol. AutoFamily cukup menempatkan posisi tuas transmisi di D dan melaju sesuai kondisi untuk jalan dalam kota.

Patut diingat, memindahkan gigi transmisi ke posisi lebih rendah membuat mobil bisa mendapatkan efek engine brake sehingga lebih aman saat melalui jalan menurun. Selain membuat mobil tidak meluncur turun dengan kecepatan tinggi sehingga sulit untuk dikendalikan, penggunaan gigi rendah juga membantu kinerja rem mobil agar tidak terlalu berat. Ini bermanfaat waktu AutoFamily kembali dari berlibur di daerah pegunungan.

Original Article