Jangan Bersihkan Busi dengan Sikat Kawat, ini Alasannya

Jangan Bersihkan Busi dengan Sikat Kawat, ini Alasannya

Shared by Naikmotor.com for IIMS

NaikMotor – Membersihkan busi memang terihat mudah, namun jika kurang tepat berakibat tidak maksimalnya kinerja busi. Berikut cara benar membersihkan busi.

Busi, merupakan salah satu komponen penting dalam rangkaian struktur mesin pada kendaraan. Fungsi busi untuk mengubah tegangan listrik yang disalurkan oleh koil lalu menjadi percikan api yang akan membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang mesin api di akhir langkah kompresi.

Dari proses pembakaran tersebut biasanya akan timbul sisa-sisa pembakaran yang menjadi kotoran pada bagian kepala busi. Jika dibiarkan maka fungsi elektroda busi akan terhambat dan berakibat motor akan susah dinyalakan. Berikut cara benar membersihkan busi.

  • Pastikan mesin kendaraan sedang dalam kondisi dingin. Jika masih panas, sebaiknya tunggu hingga dingin.
  • Buka busi dengan menggunakan kunci busi, kemudian siram bagian kepala busi dengan bensin. Ingat hanya di siram sedikit saja, jangan direndam.
  • Selanjutnya, bersihkan kerak atau sisa karbon pembakaran dengan sikat halus. Lakukan hingga bersih, dan siram kembali busi untuk menghilangkan sisa-sisa kerak tersebut. Hindari menggunakan sikat kawat atau amlpas yang bisa merusak dinding busi dan berakibat masa pakai tidak lama.
  • Semprot busi dengan kompresor, dan keringkan. Kemudian cek apakah masih mengeluarkan api atau tidak.

“Masih banyak pemilik motor membersihkan busi dengan menggunakan amplas atau sikat kawat dengan tujuan agar percikan api lebih besar, padahal hal tersebut justru akan memperpendek usia busi,” terang Irwan, mekanik salah satu diler Honda di kawasan Ciputat. (Daus/Prob/NM).

The post Jangan Bersihkan Busi dengan Sikat Kawat, ini Alasannya appeared first on Naik Motor | Jurnal Pengendara Motor.