Jamnas ke-6 AXIC Resmikan 7 Cabang Baru dan Edukasi Mobil Hybrid

Jamnas ke-6 AXIC Resmikan 7 Cabang Baru dan Edukasi Mobil Hybrid

Shared by Autos.id for IIMS

Edukasi diberikan, agar seluruh member memahami kinerja dari mobil hybrid

Jakarta, Autos.id – Lebih dari 300 anggota AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC) dari seluruh Indonesia berkumpul untuk menghadiri jambore nasional (jamnas) ke-6 di Karawang, Jawa Barat, akhir pekan lalu. Selain menjadi ajang kopi darat terbesar di komunitas mobil sejuta umat ini, Jamnas Karawang juga menghasilkan beberapa keputusan penting, antara lain peresmian tujuh cabang baru.

Taufik Hidayatullah, Ketua Umum AXIC, mengatakan jamnas merupakan kegiatan strategis dan bersifat wajib dengan durasi dua tahunan.

“Jamnas Karawang menjadi saksi bisu peresmian tujuh cabang baru lewat Rapat Anggota Istimewa (RAI) AXIC 2020. RAI adalah instrumen bagi para ketua (PIC) cabang dan chapter untuk membahas perkembangan terkini di komunitas mobil ini. Tujuh cabang baru yang mendapat ID sebagai cabang resmi AXIC adalah Lamongan, Situbondo, Pati, Baturaja, Binjai, Bukittingi, dan Ambon,” ujar Taufik dalam keterangan resminya di Jakarta, baru-baru ini.

Taufik menjelaskan, cabang Baturaja hasil pemekaran dari cabang Palembang dan Bukittinggi pemekaran Padang. Cabang-cabang baru ini sebenarnya sudah eksis di daerahnya masing-masing dengan segala aktivitasnya. Namun, baru disahkan secara resmi lewat RAI jamnas tahun ini.

Dengan tujuh cabang baru tersebut, maka AXIC total memiliki 71 cabang dan chapter yang tersebar di seluruh Tanah Air. Jamnas ke-6 ini memiliki tema “Satu dalam Keberagaman”. Perhelatan akbar ini dihadiri Wakil Bupati Karawang Ahmad Zamakhsyari serta beberapa mitra AXIC seperti Toyota Astra Motor, GT Radial, Daihatsu, Auto2000, Garda Oto, Ottoban, CARfix, BOSCH, Bendix dan lain lain.

Edukasi Mobil Teknologi Hybrid

Menurut Taufik, kopi darat nasional ini juga diisi dengan berbagai kegiatan yang digelar selama dua hari itu. Sebut saja test drive mobil teknologi hybrid dari Toyota, car contest, workshop pembuatan konten video, sumbangan tas daur ulang (reused), dan hiburan serta game menarik.

Mobil-mobil hybrid yang dibawa di jamnas tahun ini adalah Toyota Prius Hybrid Electric Vehicle (HEV) dan Camry HEV. Bekerja sama dengan PT Toyota-Astra Motor, kedua mobil hybrid tersebut bisa dilihat secara dekat bahkan di-test drive oleh para peserta Jamnas Karawang ini. Ini bentuk edukasi mengenai mobil hybrid dan teknologinya kepada seluruh peserta jamnas komunitas mobil sejuta umat ini.

“Toyota Prius HEV dan Camry HEV dibawa supaya para anggota AXIC lebih memahami kelebihan mobil dengan seluk-beluk teknologi hybrid ala Toyota. Selama jamnas, kawan-kawan AXIC juga bisa melakukan test drive sehingga lebih paham cara kerja mobil hybrid,” tuturnya.

Dari edukasi ini, kita bisa lebih dalam lagi mengetahui teknologi mobil hybrid. Misalnya saat kita injak gas dengan kecepatan di atas 40 km per jam, mesin konvensional lah yg bekerja sekaligus mengisi daya motor listrik sehingga mobil hybrid sangat irit bahan bakarnya,” pungkas Taufik.

Original Article