Ini Akibatnya Jika Sepeda Motor Jarang Dimandikan

Ini Akibatnya Jika Sepeda Motor Jarang Dimandikan

Shared by Naikmotor.com for IIMS

NaikMotor – Beberapa komponen motor akan bermasalah jika sepeda motor jarang dimandikan alias dicuci, apalagi jika setelah terkena air hujan. Selain body menjadi jamuran, beberapa komponen juga akan mengalami kerusakan jika kotoran yang bersemayam dibiarkan terlalu lama.

Mencuci motor memang terkadang malas untuk mengerjakannya, terlebih di musim yang tidak pasti seperti sekarang ini. Siang panas namun sorenya hujan.

Meski begitu, motor kesayangan tidak boleh terlalu lama dalam keadaan kotor. Selain terlihat jorok, beberapa komponen juga akan mengalami kerusakan. Nah, apa saja komponen yang akan mengalami kerusakan jika jarang dimandikan, yuk kita simak paparan Bro Eddy selaku pemilik Raja Steam yang berlokasi di Pondok Cabe, Tangsel.

  1. Mesin Dan Radiator tidak bisa melepaskan panas secara normal

Dampak yang akan terjadi adalah mesin tidak akan bisa melepaskan panas secara normal. Kenapa begitu? Sebab, kotoran yang menempel di beberapa bagian motor akan menghambat panas mesin dan Radiator yang akan keluar. Akibatnya performa mesin juga akan turun. Nah, kalau sudah begitu bisa-bisa motor menjadi overheat atau panas yang berlebihan.

  1. Kampas Rem

Salah satu komponen yang akan mengalami masalah jika motor jarang dicuci adalah kampas rem, Komponen tersebut akan menimbun kotoran jika motor jarang dicuci. Kalau tidak segera dibersihkan, akan menimbulkan suara decitan ketika roda motor berputar. Selain itu rem bisa cepat mengalami keausan. Hal tersebut bisa terjadi lantaran kotoran bisa menggores piringan cakram dan seal karetnya .

  1. Rantai dan Gear motor

Air hujan atau debu bisa membuat pelumas pada rantai menjadi kotor dan menempel pada rantai, sehingga menimbulkan suara yang cukup mengganggu. Selain itu rantai juga akan cepat karatan.

Rantai dan gear motor
  1. Suspensi motor
Suspensi depan membutuhkan perawatan lebih dibanding suspensi belakang

Suspensi atau shockbreaker juga riskan mengalami kerusakan jika motor jarang di cuci. Kotoran yang menempel akan masuk dan merusak seal pada shockbreaker, akibatnya oli akan rembes atau bocor. Jika hal ini terjadi maka fungsi dari suspensi akan terganggu. Biasanya akan terdengar bunyi decitan dan shcokbreaker akan terasa keras atau terlalu empuk. (Daus/Contrib/NM).

The post Ini Akibatnya Jika Sepeda Motor Jarang Dimandikan appeared first on Naik Motor | Jurnal Pengendara Motor.