Industri Kaca Dalam Negeri 90% Digunakan Produk Otomotif Indonesia

Industri Kaca Dalam Negeri 90% Digunakan Produk Otomotif Indonesia

[stm_post_title][stm_post_image][stm_post_info]

JAKARTA – Tingkat kandungan lokal pada industri automotif memang terus digenjot pemerintah untuk meningkatkan industri tanah air.

Salah satu komponennya yakni kaca mobil yang saat ini produksinya telah 90 persen digunakan pada produksi kendaraan di Indonesia. Kualitas serta kemampuan industri kaca dalam negeri telah diakui oleh banyak produsen automotif besar di Indonesia.

Beberapa produsen, seperti Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, Suzuki, Honda dan Isuzu saat ini telah menggunakan kaca mobil buatan lokal. “Sebanyak 90 persen dari total produk kaca mobil telah digunakan pada produksi mobil di Indonesia,” kata Rusli Pranadi, Corporat Affairs PT Asahimas Flat Glass.

Dari total tersebut, sebanyak 1,3 juta kaca mobil yang telah diproduksi telah dipasok ke produsen automotif. Sehingga kaca yang terdapat pada mobil yang dipasarkan di Indonesia merupakan produk buatan lokal.

Jumlah produksi tersebut diperkirakan akan terus meningkat, seiring dengan ketergantungan pada produksi kendaraan mobil di Indonesia. Jika berhitung pada fasilitas produksi yang ada di Indonesia saat ini, kapasitas produksi kendaraan baru mencapai 1.2 juta unit dari 2,2 juta unit yang dimiliki.

Artinya dengan kebutuhan tersebut, produksi kaca mobil lokal, diprediksi akan meningkat jika seluruh fasilitas tersebut digunakan secara maksimal.

[stm_sidebar sidebar=”651″]