Indonesia Ride Adventure Gelar Dual Purpose Coaching Clinic

Indonesia Ride Adventure Gelar Dual Purpose Coaching Clinic

Shared by Zonabikers.com for IIMS

Indonesia Ride Adventure (IR-A), menggelar acara Dual Purpose Coaching Clinic untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berkendara dengan motor dual purpose di alam bebas.

Melatih kemampuan atau skill berkendara sudah jadi kebutuhan para bikers demi keamanan dan keselamatan berkendara. Apa lagi para penunggang motor dual purpose yang sering melibas medan off road dengan beragam karakter dan kontur jalan.

Karena itu, sebuah wadah komunikasi online untuk para bikers penggemar adventure, Indonesia Ride Adventure (IR-A), menggelar acara Dual Purpose Coaching Clinic untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berkendara dengan motor dual purpose di alam bebas (22/8/2020).

Acara tersebut diikuti oleh 30 bikers dengan bergam merek dan kapasitas mesinnya, mulai dari 150cc hingga 650cc.

“Di Indonesia hanya ada 3 jenis jalan. Yaitu jalan aspal, jalan bukan aspal dan bukan jalan tapi bisa dilewati. Untuk jalan aspal/beton hampir semua orang bisa melintasinya dengan mudah. Tapi untuk bisa melewati jalan non aspal, diperlukan ketrampilan khusus,” papar Riza Amrullah, salah satu Admin group IR-A.

“Hal itulah yang menjadi latar belakang digelarnya acara Dual Purpose Coaching Clinic. Agar semakin banyak orang yang terampil berkendara melewati lintasan bukan aspal. Karena masih banyak tempat indah di Indonesia yang belum difasilitasi akses yang memadai,” lanjut admin yang akrab disapa Pak De Rizza.

Pelatihan dimulai dengan sesi teori yang dipaparkan langsung oleh Jack Maulana, seorang bikers yang juga pegiat motor adventure dan trail di pelataran resto Cinta Rasa di Ciangsana, Bogor, Jawa Barat.

Jack Maulana yang juga didampingi oleh beberapa bikers berpengalaman di dunia adventure, memaparkan ilmu tentang sikap berkendara dan bagaimana mengatasi beragam kondisi jalan di alam bebas. Diantaranya tentang keseimbangan, trek downhill dan uphill.

Indonesia Ride Adventure

Juga tentang kapan dan bagaimana cara berdiri di atas footpeg yang benar serta cara mengendalikan motor ketika menghadapi situasi di luar dugaan.

Usai pemaparan teori, para peserta pun diajak untuk mempraktikan langsung di area terbuka yang biasa digunakan untuk berlatih motor trail dan sepeda gunung di jalur Jatiasih.

Beragam tanggapan positif pun datang dari peserta Dual Purpose Coaching Clinic yang digagas oleh IR-A. “Acara tersebut sangat bagus, materi basic jelas, prakteknya juga ok walau kemarin full tanah kering. Tapi secara keseluruhan puas. Lanjut Gasber tanggal 29 nanti dah biar lebih lengkap. Lanjutkan kan,” ujar Bro Dolok penunggang Kawasaki Versys 250.

Begitu juga dengan Bro Amiruddin penunggang Royal Enfield Himalayan. Dia mengaku bahwa acara yang digagas IR-A sangat bermanfaat untuk adventurer pemula. “Acara sangat baik untuk para adventurer guna mengetahui cara mengendarai motor yang benar khususnya di jalan offroad,” ujarnya.

Senada dengan kedua peserta tadi, Bro Zep Kurniawan yang menggunakan motor Yamaha MT25 juga mengatakan kalau acara tersebut sangat mengedukasi dan memberi manfaat membangun mental dan sikap dalam berkendara di segala kondisi trek dan cuaca.

The post Indonesia Ride Adventure Gelar Dual Purpose Coaching Clinic appeared first on Zonabikers.com.

Original Article