IMX 2020 Dukung Kinerja Pako Group Bikin Velg Aftermarket Lokal

IMX 2020 Dukung Kinerja Pako Group Bikin Velg Aftermarket Lokal

Shared by Thegaspol.com for IIMS

Indonesia Modification Expo (IMX) dan National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) senantiasa mendorong kemunculan produk-produk aftermarket lokal yang diharapkan bisa mewarnai ranah modifikasi Tanah Air dan juga dunia. Dalam setiap penyelenggaraan expo modifikasi terbesar di Indonesia tersebut, dipastikan hadir merek-merek produk aftermarket lokal baru yang diberikan panggung agar bisa segera menggairah dunia modifikasi secara umum.

Menurut Andre Mulyadi, Project Director Indonesia Modification Expo, IMX berkomitmen untuk terus merangsang dan mendorong hadirnya produk-produk aftermarket dalam negeri di setiap penyelenggaraan IMX. Hal ini berangkat dari keyakinan bahwa Indonesia merupakan pasar yang besar dalam modifikasi, dan sudah seharusnya memiliki produk-produk aftermarket sendiri yang berjaya di dalam maupun diminati pasar luar negeri.

Dirancang untuk mayoritas city car dan hatchback dalam negeri, edisi pertama dari DnZ Wheels ini hadir dengan spesifikasi diameter 16 inci dan lebar 7 inci. PCD (pitch circle diameter)/lubang bautnya untuk mobi-mobil dengan spesifikasi 4/100 dengan et 38 dan finishing favorit berwarna Magnesium Gold. Ukuran tersebut dipilih karena terbilang sesuai untuk banyak mobil penumpang di dalam negeri, seperti Suzuki Ignis, Honda Brio, Toyota Yaris, Nissan March, Datsun GO+, Mazda2, Daihatsu Ayla, Toyota Agya, Honda Jazz, dan lain sebagainya.

Konsepnya mirip seperti velg racing Jepang one piece yang sporty sesuai favorit kita. Velg-velg tersebut biasanya dibuat dengan desain yang tidak neko-neko tetapi karakternya kuat. Sehingga desainnya bisa cocok dimasukkan ke mobil apa saja.

DnZ Wheels Type One membawa desain jari-jari palang 10 yang dirancang sedemikian rupa agar tetap terlihat celong (center bore posisinya lebih ke dalam dibanding bibir velg). Keuntungan desain seperti ini membuat velg terlihat kekar dan memiliki pembagian bobot seimbang. Selain itu juga bisa diterapkan offset/et yang umum untuk beragam mobil.

PAKO Group yang merupakan salah satu produsen velg di tanah air, telah beroperasi sejak 1974. Pabrik ini memiliki spesialisasi membuat velg mobil-mobil baru seperti Lexus untuk market Jepang, bahkan OZ Racing disebut pernah membuat lini produknya di pabrik ini.

DnZ Wheels dibuat dengan metode low pressure casting yang kuat. Apalagi velg tersebut sudah mendapat standar kualitas seperti SNI (Standar Nasional Indonesia) dan JWL (Japan Light Alloy Wheel) yang merupakan sertifikasi keselamatan untuk mobil penumpang di Jepang. Material, cara pemrosesan, hingga uji kelaikanya sama persis seperti yang pembuatan velg bawaan Lexus yang juga diproduksi PAKO Group.

PAKO GROUP menghasilkan velg cetak DnZ Wheels mentah setiap 60 detik. Sebelum bisa digunakan, velg mentah ini harus melalui beberapa tahapan seperti misalnya melubangi PCD dan pentil, proses x-ray untuk melihat struktur dalam velg, pemanasan, pengecatan, serta pemotongan di mesin CNC untuk mendapatkan model tertentu.

“DnZ Wheels Type One sudah lulus tes fisik seperti impact test, drum test, dan MLT. Selain itu per velg mampu mencapai maximum load 560 kg, sehingga kalau dikali 4 buah, mampu menopang mobil berbobot 2 ton lebih. Hal ini sesuai dengan spesifikasi standar keselamatan, ketahanan dan kualitas. Kami mau bilang ini velg luar biasa, jadi selamat untuk industri aftermarket Indonesia,” kata Marketing Departement Head Pako Group, Yeremia Dwi, sambil menyebut rancangan desain DnZ Wheels mengutamakan safety, engineering, serta styling.

Dengan semua kelebihan dan keunggulan yang dibawa DNZ Wheels Type One tersebut, velg ini hanya dibanderol Rp5,8 juta untuk per set-nya. Harga tersebut jauh lebih murah dibanding velg-velg impor namun tetap menyajikan kualitas yang setara.

Original Article