IMX 2020 Catat Peningkatan Pengunjung Sebesar 548%

IMX 2020 Catat Peningkatan Pengunjung Sebesar 548%

Shared by Autos.id for IIMS

Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 Virtual Event yang digelar akhir pekan lalu (10/10) berjalan dengan sukses

Jakarta, Autos.id – Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 telah diselenggarakan Sabtu (10/10) pukul 13:00-17:00 WIB secara virtual lalu yang merupakan event expo tahunan gagasan National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) dengan tujuan menggerakkan dan menggairahkan industri modifikasi Indonesia, sekalipun di kondisi pandemi.

Tahun ini adalah kali ketiga perhelatan expo modifikasi pertama dan terbesar di Tanah Air tersebut, meski dilaksanakan secara online. Karena itu IMX 2020 bisa ditonton pengunjung dari mana saja untuk menyiasati kondisi pandemi saat ini. Tercatat 33 ribu tiket online IMX 2020 terjual, di mana jumlah penonton yang check in adalah 27.658 ribu orang yang datang dari 69 kota tersebar di Indonesia, juga datang dari beberapa kawasan di Amerika, Belanja, juga Jepang.

“Meski 2020 ini kondisi pandemi belum berakhir, membuat kami berusaha untuk beradaptasi dengan semua kebiasaan baru termasuk mengalihkan penyelenggaraan IMX menjadi virtual,” ujar Andre Mulyadi selaku IMX Project Director usai acara akhir pekan lalu.

AMMDes Digimodz #2

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin RI) setiap tahun selalu mendukung IMX sebagai salah satu pendorong perkembangan dunia otomotif Tanah Air. Tahun ini Kemenperin RI melakukan beberapa aktivasi online di IMX 2020 seperti Gelis Tuner Competition, AMMDes Digimodz #2, serta sosialisasi Rancangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (RSKKNI) Modifikator.

Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian Republik Indonesia dalam sambutannya untuk pembukaan IMX 2020 akhir pekan lalu mengungkapkan, IMX adalah pameran otomotif satu-satunya yang diselenggarakan di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan menggabungkan online dan offline event (hybrid).

“Selamat atas terselenggaranya IMX 2020, saya meyakini acara ini dapat terus berkembang dan menjadi sarana untuk menunjukkan state of the art kreativitas dan kemampuan anak bangsa,” tuturnya.

Pabrikan Mobil di IMX 2020

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menggebrak gelaran IMX 2020 dengan 2 model baru. Kedua line up produk terbaru tersebut adalah Suzuki Karimun Wagon R 50th Suzuki Indonesia yang dijual terbatas sebanyak 50 unit dan Suzuki XL7 Custom Concept yang tampil lebih eksklusif dengan tampilan modifikasi khas Adventurer SUV.

Suzuki-Wagon-R-50th-Anniversary Edition

Modifikasi Suzuki XL7

Sementara Suzuki XL7 dibangun bergaya adventure. Dibalut kelir hitam dengan cat Raptor anti gores termasuk penambahan add-on bodykit, lampu utama LED yang diimbuhi DRL, dan dua buah lampu hella yang terpasang di bumper bar. Pada kaki-kaki dipasangi velg HSR Myth 08 SW 277 Ring 17.75 berbalut ban Yokohama Geolandar A/T 285/65. Interiornya sendiri sudah dimodifikasi dengan kulit berlabel logo Suzuki XL7 Custom Concept.

IMX Digital Market

Setiap tenant produk dan jasa aftermarket di IMX 2020 memiliki program promosi dalam program IMX Digital Market melalui platform Shopee yang berlangsung dari tanggal 10-11 Oktober. Mulai dari karpet mobil, sticker, car cover, car detailing, lampu, audio, velg, air suspension, kaca film, body kit, sampai mobil baru.

Sekurangnya 37 brand otomotif dan modifikasi berjualan di IMX Digital Market di e-commerce Shopee dengan program potongan harga hingga 50% yang tidak ada di tempat lain.

Live Modz 2020

Kompetisi kreativitas modifikasi 3 “Car Enthusiast” antara Ridwan Hanif Rahmadi, Fitra Eri, dan MotoMobi dalam memodifikasi mobil eks taksi dijurikan dan diumumkan dalam IMX 2020. Dewan juri yang terdiri dari para praktisi dan pengamat otomotif mendaulat karya modifikasi Fitra Eri dengan tema Sultan Taxi menjadi juaranya.

Gelis Tuner Competition

AMMDes Digimodz #2

Kegiatan yang diinisiasi Kemenperin RI dalam mendorong peran masyarakat luas terhadap pengembangan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) mengumumkan karya AMMDes Sanitary Solution buatan Irvan Adipratama sebagai pemenangnya.

Konsep kendaraaan tersebut adalah sebagai sarana penyedia air bersih yang masih belum merata di sejumlah wilayah desa. Menghadapi musim hujan, kemarau bahkan pancaroba kerap jadi salah satu masalah krusial. Terlebih air bersih dapat digunakan untuk beraktivitas sehari-hari oleh masyarakat.

Gelis Tuner Competition

Kegiatan ini merupakan adu kreativitas modifikasi antar modifikator dalam mengubah fungsi dan gaya Gerobak Listrik (Gelis). Diikuti oleh Raptor Indonesia, Yoong Motor Indonesia, serta HSR Wheels yang hasil karya modifkasinya akan dinilai serta diumumkan pemenangnya pada IMX 2020.

Setelah dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari perwakilan Kementerian Perhubungan, PT Solar Panel Indonesia (produsen Gelis), dan NMAA memutuskan bahwa karya buatan Yoong Motor Indonesia berhasil kompetitor lainnya yaitu HSR Wheel dan Raptor Indonesia.

Indonesian Pride

IMX 2020 menjadi wadah bermunculannya produk-produk aftermarket baru setiap tahunnya. Pada 2020 ini KARMA Bodykit kembali dengan lineup terbarunya, KARMA Cayman untuk Porsche Cayman 987.2 yang merupakan model ketiga KARMA Bodykit yang diluncurkan secara worldwide melalui IMX.

KARMA Cayman dijual seharga 4.000 dolar Amerika Serikat dan saat ini sudah masuk dua pesanan dari dalam dan luar negeri untuk body kit tersebut.

Sementara itu terdapat body kit PROJECT J yang merupakan kolaborasi Musa Tjahjono, Head of Designer rumah modifikasi West Coast Customs dengan Pengepul Mobil, seorang builder spesialis mobil-mobil JDM legendaris, Pengepul Mobil.

Kolaborasi keduanya adalah membuat paket wide body kit untuk Honda Civic Nouva (EF) hatchback atau Civic Generasi keempat yang beredar medio 1987-1991. Paketnya terdiri dari front bumper, front lip, front widebody fenders, side skirts, rear widebody fenders, serta rear bumper with diffuser yang dijual seharga 2.500 dolar Amerika Serikat.

Harold perwakilan PT SIS bersama dengan pemenang Supergiveaway

Pemenang Supergiveaway

Tahun ini yang berhak membawa pulang Supergiveaway yaitu satu unit Suzuki Ignis “Time Attack” by Garasi Drift adalah Farid Wahyu Nugroho dari Bintaro, Tangerang Selatan yang berhasil membawa pulang Supergiveaway #IMX2020. Juga selama kepada Akmal Fuadi dari Bukittinggi, Sumatera Barat yang beruntung mendapatkan Supergiveaway Skuter Listrik Custom by Alitt Susanto dan Katros Garage.

Original Article