Telkomsel Tawarkan Fleet Management Menjawab Tantangan Industri 4.0

Telkomsel Tawarkan Fleet Management Menjawab Tantangan Industri 4.0

[stm_post_title][stm_post_image][stm_post_info]

JAKARTA — Perkembangan teknologi yang sangat cepat membuat revolusi industri 4.0 menyambungkan antara beragam industri. Bahkan kini industri telekomunikasi mulai bersinergi dengan industri otomotif dengan menyediakan Fleet Management, seperti yang dilakukan oleh Telkomsel.

Telkomsel kini memberikan layanan FleetSight sebagai solusi end-to-enf untuk pengelolaan armada kendaraan atau fleet management. Sistem ini diketahui dapat meningkatkan keamanan, efisiensi, dan produktivitas armada perusahaan.

Secara keseluruhan solusi pengelolaan armada ini mensinergikan perangkat telematika berbasis satelit yang dipasangkan di asset kendaraan dengan layanan konektivitas Telkomsel serta platform fleet management. FleetSight memberikan data yang lengkap mengenai lokasi kendaraan, kecepatan, rute, kebiasaan pengemudi, konsumsi bahan bakar, hingga temprature kendaraan secara real time. Data-data ini kemudian yang di proses dan memberikan masukan dalam meningkatkan keselamatan, pengurangan biaya, dan peningkatan produktivitas.

Selain layanan FleetSight, Telkomsel juga memiliki layanan IoT Tank Monitoring Solution (Intank) sebagai fuel management. Bahan bakar telah menjadi komoditas utama yang sangat menentukan proses bisnis sebuah perusahaan. Pengelolaan bahan bakar bisa menimbulkan berbagai masalah mulai dari memakan biaya operasi yang tinggi karena keterbatasan akses tangki bahan bakar, pengukuran manual, akurasi rendah inefisiensi rantai pasokan, biaya pemeliharaan tinggi, sampai kehilangan inventori.

Untuk mengatasi hal tersebut, Telkomsel melalui Intank hadir menjadi solusi fuel management. Solusi end to end ini berfungsi untuk memonitor tangki dari jarak jauh yang memungkinkan pemantauan inventaris dan konsumsi bahan bakar secara intensif dimanapun dan kapanpun.

Tak berhenti dikedua layanan tersebut, Telkomsel masih memiliki Telkomsel Order Management System (TOMS) yang berguna sebagai solusi pengelolaan pesanan dan pengiriman perusahaan. Lali lintas pengiriman barang bisa menjadi kekacauan bila tidak dikelola dengan baik, sehingga TOMS hadir merampingkan lalu lintas operasional barang-barang dengan mensentralisir pengaturan barang yang mencakup pengiriman aset operasional, alokasi, dan penjadwalan pekerjaan/pengiriman/penunjukan hingga keterlibatan dengan konsumen yang semuanya dapat dilakukan secara bersama-sama.

“Tren Internet on things (IoT) sekarang ini berkembang secara global. Oleh karena itu, Telkomsel secara konsisten meningkatkan kesiapan teknologi dan jaringan sebagai bagian dari upaya mempercepat terbentuknya ekosistem IoT di Indonesia. Upaya ini merupakan salah satu bentuk dukungan Telkomsel bagi roadmap pemerintah Indonesia yaitu Making Indonesia 4.0 dalam rangka memasuki era Industri 4.0, dimana aspek penguasaan teknologi, terutama teknologi informasi dan komunikasi, menjadi kunci penentu daya saing Indonesia,” jelas Nirwan Lesmana, Vice President Brand and Communications Telkomsel, Selasa (30/4/2019).

[stm_sidebar sidebar=”651″]