ICE-µ Premium Window Film Sodorkan Inovasi Baru, Teknologi Kaca Film Antivirus dan Antibakteri

ICE-µ Premium Window Film Sodorkan Inovasi Baru, Teknologi Kaca Film Antivirus dan Antibakteri

Shared by Drivenhype.com for IIMS

Riken Technos Corporation, ICE-µ Premium Window Film memperkenalkan terobosan baru berupa kaca film antivirus dan antibakteri pertama bernama ICE-µ RIKEGUARD® serta lapisan film transparan RIVEX.

Drivenhype – Nama kaca film ICE-µ di Tanah Air sudah cukup familiar. Kaca film buatan Konica-Minolta tersebut melonjak popularitasnya ketika menjadi kaca film OEM (Original Equipment Manufacturer) Mitsubishi Xpander yang launching pada Agustus 2017. Namun, industri otomotif juga cepat mengalami perubahan, termasuk yang dialami kaca film ICE-µ. Perkembangan cepat industri kaca film di negeri asalnya, Jepang, juga turut mengalami perubahan.

Perubahan signifikan justru terjadi pada pola kepemilikan. Sebelumnya produk kaca film terkemuka asal Jepang berlabel ICE-µ merupakan produk Konica Minolta, Jepang. Namun pada 1 April 2020, kaca film ini resmi diakuisisi Riken Technos Corporation sehingga penamaan pun berubah dari ICE-µ by Konica Minolta menjadi ICE-µ Premium Window Film.

Kini bersama Riken Technos Corporation, ICE-µ Premium Window Film memperkenalkan terobosan baru berupa kaca film antivirus dan antibakteri pertama bernama ICE-µ RIKEGUARD® serta lapisan film transparan RIVEX yang telah digunakan secara luas di Jepang baik pada jendela maupun berbagai panel sentuh.

“Perubahan kepemilikan ini semakin menegaskan kualitas produk kami dalam hal teknologi kaca film. Kompetensi Riken Technos Corporation dalam inovasi kaca film telah menghasilkan produk yang terbukti efektif mampu menonaktifkan virus dan bakteri yang menempel di kaca film kendaraan. Teknologi ini membuat pengalaman berkendara lebih aman dan nyaman bagi Anda sekeluarga,” ujar Andi Setiawan, Presiden Direktur PT Global Auto International, agen pemegang merek ICE-µ Premium Window Film.

Produk ICE-µ RIKEGUARD® merupakan satu-satunya kaca film transparan di dunia dengan sertifikasi SIAA untuk fungsi antivirus dan antibakteri. SIAA atau Society of International sustaining growth for Antimicrobial Articles adalah sebuah lembaga pengujian antimikroba di Jepang yang dikelola berdasarkan pedoman Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang. Hanya produk yang terbukti lulus kriteria antimikroba yang dapat menampilkan tanda sertifikasi SIAA.

SIAA mengeluarkan sertifikasi untuk tiga kategori produk yaitu produk antivirus dan antibakteri, produk keamanan, dan produk labelling. Dari hasil pengujian produk ICE-µ RIKEGUARD® terbukti produk kaca film ini efektif menghalau semua jenis virus dan bakteri serta mampu menonaktifkan 99,9% virus dan bakteri yang menempel di permukaan kaca film.

Andi Setiawan, Presiden Direktur PT Global Auto International, agen pemegang merek ICE-µ Premium Window Film

Di Jepang sendiri, produk kaca film ini sudah banyak digunakan di berbagai area publik seperti: Monitor layar sentuh mesin ATM, meja resepsionis Bank di Jepang (Yokohama Bank, Risona Bank, Mitsubishi Tokyo UFJ, Hiroshima Shinkin Bank), Face Shield Tokyo University Hospital dan Nagoya City University Hospital.

Lalu kaca film ini juga sudah melapis permukaan tombol lebih dari 10.000 vending machine di Jepang. Begitu pula tombol lift dan saklar lampu di gedung NTT West Osaka, Balai Kota Higashi Osaka dan Sekolah Dasar Higashi Osaka, sudah berlapis film ini.

Selanjutnya, kaca film tansparan ini juga sudah menempel di tombol lift di Yasuda Real Estate, Menara Ochanomizu Water Terrace Tokyo, 600 unit lebih tombol air minum Zeko Jepang, permukaan layar di lebih dari 4.000 unit mesin kasir Supermarket Izumi di Hiroshima, pelindung layar ponsel pintar yang dijual untuk umum di Jepang, dan yang terbaru, perusahaan minuman Coca-cola Bottlers Japan Inc di Jepang sudah menyematkan kaca film RIKEGUARD® di sekitar 30.000 vending machine miliknya di seluruh Jepang.

Arta Alfatha, Brand Manager PT Global Auto International

“Virus dapat hidup lebih lama pada permukaan licin, seperti kaca dan logam. Di layar ponsel pintar dan kaca mobil dapat bertahan 120 jam. Lapisan kaca film RIKEGUARD® menggunakan agen antivirus penarik virus dan bakteri bermuatan negatif. Agen antivirus bermuatan positif bereaksi dengan kelembaban di udara menghasilkan oksigen aktif. Kemudian, daya oksidasi tinggi oksigen aktif menghancurkan selubung pelindung mikroba. Virus dan bakteri dinetralkan dalam proses ini, menjadikannya rentan dan tidak aktif,” jelas Arta Alfatha, Brand Manager PT Global Auto International.

Secara umum, keunggulan RIKEGUARD® selain mampu menonaktifkan virus sampai 99,9% (tersertifikasi SIAA), juga memiliki tingkat transparansi tinggi. Sehingga optimal untuk jendela dan layar dengan transmitansi mirip kaca. Lapisan RIKEGUARD® juga mudah dipasang serta daya tahannya mampu mencapai tahun dalam kondisi lingkungan normal.

“Tujuan utama kami memasarkan jenis kaca film ini guna mengurangi kekhawatiran masyarakat di berbagai kondisi lingkungan dan kesehatan yang terjadi saat ini. Kami ingin gunakan teknologi yang kami miliki untuk konsisten membantu semua orang di dunia menjalani kehidupan aman dan nyaman,” pungkas Andi Setiawan.

Original Article