Hyundai : Kami Bisa Bikin SUV Untuk Lawan Toyota Land Cruiser

Hyundai : Kami Bisa Bikin SUV Untuk Lawan Toyota Land Cruiser

Shared by Autonetmagz.com for IIMS

AutonetMagz.com – Merek Korea semakin serius dalam kancah permobilan, mereka tidak mengeluarkan usaha setengah-setengah dan kini semakin menyerang dengan kekuatan penuh. Bahkan di segmen crossover yang jadi mobil terlaris saat ini pun, merek Korea tidak kekurangan model. Lihat saja, Hyundai punya banyak macam crossover mulai dari Kona, Tucson, Santa Fe hingga yang paling besar ada Hyundai Palisade.

Meski demikian, ada satu hal yang terbesit di pikiran Hyundai, yakni membuat SUV besar sungguhan yang memakai sasis ladder frame. Bukan buat jadi mobil arogan, tapi buat membuktikan kalau mereka juga bisa bikin SUV tangguh, bukan hanya crossover metropolis yang takut main tanah. Mobil yang menjadi target mereka bukanlah Range Rover, melainkan Toyota Land Cruiser, sebab jika ada yang bertanya SUV besar apa yang paling tangguh di dunia, Land Cruiser pasti terbesit di otak.

Melalui wawancara oleh CarsGuide, General Manager bagian Produk Hyundai Australia bernama Andrew Tuitahi berkata bahwa Hyundai bisa saja menantang reputasi Toyota Land Cruiser sebagai SUV off-road terhebat. Kepercayaan diri ini berasal dari produk-produk Hyundai yang ternyata sanggup mengacak-acak segmen yang dimasuki, misalnya Hyundai i30 N, Hyundai Veloster N dan Hyundai H1 yang di Australia namanya jadi iLoad.

Saya pikir apa yang sudah kita perbuat dengan i30 N, menantang pola pikir konsumen merek lain seperti GTI dan RS sudah sukses. Hal yang sama, apa yang telah kita capai dengan iLoad, menantang mobil seperti Hiace di segmen yang didominasi olehnya. Kami sangat baik dalam hal mengubah pola pikir,” ujar Tuitahi.”Rasanya tidak jadi masalah jika kita ingin buat SUV sungguhan untuk dijual ke pasaran.”

Sebenarnya gosip SUV ladder frame dari Korea sudah ada dari dulu, dan sasisnya diklaim akan dipakai bersama-sama antara Hyundai dan KIA, namun belum ada perkembangan lagi sejauh ini. Mesin untuk jantungnya saja sudah ada, yakni mesin 3.000 cc 6 silinder turbo diesel 274 hp dan 588 Nm. Memang tidak mudah melawan Toyota Land Cruiser yang ketangguhan dan citranya sudah terbukti puluhan tahun, tapi kami tertarik melihat percobaan Hyundai andai mereka serius. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Original Article