Hyundai Ioniq Electric : Masa Depan Hadir di Garasi Anda

Hyundai Ioniq Electric : Masa Depan Hadir di Garasi Anda

Shared by Thegaspol.com for IIMS

Dahulu, bagi Anda yang mengalami masa kecil pada 1980an hingga 1990an, sering melihat tentang mobil di masa depan pada tayangan televisi. Mulai dari mobil-mobil dengan bentuk futuristik, mobil tanpa mesin dengan tenaga listrik hingga mobil yang bisa terbang seperti dalam film-film fiksi.

Beberapa dekade kemudian atau dua sampe tiga dekade kemudian, mobil-mobil yang dahulu sering disaksikan dan dinyatakan sebagai mobil masa depan, mulai hadir di depan Anda. Ya, inilah saatnya masa depan.

Hyundai Ioniq dan Kona elektrik yang baru saja diluncurkan oleh PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), merupakan bentuk nyata dari mobil ‘masa depan’ yang hadir di masa kini. Mesin motor bakar berbahan bensin sudah tak lagi digunakan sama sekali. Sebagai pengganti, motor listrik didaulat untuk menggerakan dynamo yang bertugas untuk memutar roda saat menggerakan mobil.

Hasilnya, mobil dapat beroperasi tanpa adanya emisi yang membuat lebih ramah lingkungan dengan biaya operasional yang tereduksi. Meskipun, untuk mendapatkan listrik dari hasil pembangkit yang ada di Indonesia, mayoritas masih menggunakan bahan bakar untuk menciptakan daya.

Ioniq elektrik dirancang dengan pendekatan futuristik dan ergonomis, dilengkapi dengan trend terkini dan teknologi mutakhir, sehingga membuat berkendara menjadi menyenangkan, aman, dan nyaman sebagai alat transportasi perkotaan. Inilah moda baru transportasi masa depan yang kini bisa ada di garasi Anda.

Floating grill dengan lampu khas unik yang berasal dari lampu depan LED ke DRL, menekankan citra futuristik Ioniq elektrik. Identitas tersebut juga terlihat pada bumper belakang yang memberikan kesatuan antara depan dan belakang. Ioniq elektrik ditata dengan ruang interior berteknologi tinggi dengan pengaturan cahaya, hiasan krom, dan floating cluster housing berbalut kulit sintetis. Jok kulit yang nyaman, dan dilengkapi dengan sunroof.

Tombol dengan tipe Shift-by-Wire meningkatkan kenyamanan pengoperasian, konsol tengah juga dilengkapi baki pengisian daya telepon tanpa kabel. Untuk mengisi daya perangkat, cukup letakkan smartphone yang kompatibel pada antarmuka pengisian daya nirkabel.

Untuk kenyamanan ekstra selama perjalanan, Ioniq elektrik juga dilengkapi dengan ventilated seat (hangat / sejuk), Drive Mode Select (Eco, Eco +, Comfort, Sport), Rear View Monitor with Dynamic Parking Guides, Parking Distance Warning, Blind spot Collision Warning, Rear Cross Traffic Collision Warning, 7 airbag system, dan Tire Pressure Monitoring System.

Unit penggerak dari Ioniq elektrik menggunakan motor listrik bermagnet permanen dan berefisiensi tinggi sebesar 100 kW (136 PS) yang dipasok oleh baterai lithium ion 38,3 kWh. Motor mengembangkan torsi 295 Nm yang didistribusikan ke roda depan, dan ber akselerasi 0-100 m dalam 9,9 detik.

Berdasarkan pengukuran yang diklaim oleh Hyundai, jarak tempuh Ioniq elektrik mencapai 311 km hingga 373 km dalam sekali pengisian daya, sehingga dapat memenuhi berbagai kebutuhan gaya hidup pemilik. Pengisian daya penuh dapat dicapai dalam 54 menit untuk pengisian nol hingga 80 persen dengan menggunakan stasiun pengisian kendaraan listrik berkapasitas 100 kW.

Selain dibekali dengan AC Charger Portable untuk dicolok ke listrik rumah, Hyundai juga telah menyiapkan beberapa lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di Jakarta hingga Surabaya serta Bali dan Makassar.

Untuk Jabodetabek diantaranya PLN Distribusi Jakarta Raya Gambir, Senayan City Mall, Aeon Mall BSD City, TangCity Mall, Supermall Karawaci. Serta di luar Jabodetabek, seperti PLN UP3 Bandung, PLN Gedung Sate Bandung, PLN ULP Denpasar, PLN ULP Embong Wungu Surabaya, PLN Rayon Mattoangin Makassar.

Selain infrastruktur yang dibangun oleh pemerintah, Hyundai pun turut aktif menyediakan stasiun pengisian kendaraan listrik. Fasilitas ini tersebar di semua diler resmi Hyundai dan juga bekerjasama dengan mitra-mitra bisnis lainnya di beberapa titik diantaranya di area Alam Sutera, Bintaro, Sunter, Radio Dalam, Tendean, Cilandak, Bandung, Cirebon, Semarang, Solo, Jogjakarta, Surabaya, Denpasar, Palembang dan Padang.

Selain itu Hyundai juga bekerja sama dengan PT Jasa Marga Related Business akan menyediakan infrastruktur DC Fast Charging di Rest Area KM 519A ( Sragen) yang berada di jalur Tol Jakarta menuju Surabaya dan juga di Rest Area KM 519B (Sragen) yang berada di jalur tol Surabaya menuju Jakarta.

Di Indonesia, Hyundai Ioniq elektrik hadir dalam 2 tipe, Prime dengan harga Rp 624,8 juta dan Signature Rp 664,8 juta OTR Jakarta. Sementara pilihan warnanya tersedia Polar White, Fluidic Metal, Phantom Black, Fiery Red.

Original Article