https://drivenhype.com/33621-2/

https://drivenhype.com/33621-2/

Shared by Drivenhype.com for IIMS

Kendati hadir dari satu platform, Suzuki Ertiga dan XL7 tidak saling kanibalisasi. Pasalnya, kedua model ini berbeda segmen, harga, fitur, dan feeling berkendaranya. Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan yang ada.

Drive and Hype – Julukan XL7 bagi produk Suzuki di mata konsumen Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi. Dulu, XL7 pernah keluar di pasar otomotif Indonesia sekitar 2004-2008 yang dijual dengan memakai basis Suzuki Escudo yang dibuat long-chassis agar memuat 7 penumpang. saat itu sekitar 2004-2008.

Dalam kehadirannya di peta pemasaran otomotif Indonesia, Suzuki XL7 yang resmi diluncurkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada 15 Februari 2020 lalu di Jakarta dengan status Global Launch ini, diklaim PT SIS masuk dalam kategori Low SUV (Sport Utility Vehicle).

Berkat penyempurnaan desain dan kelengkapan fiturnya, All New Suzuki Ertiga sukses meraih The Best MPV di ajang IIMS 2018

Menurut Harold Donnel, Head of 4W Brand Development and Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), secara produk positioning kehadiran Suzuki XL7 sekarang ini sebenarnya menjawab penungguan para konsumen yang sudah lama menunggu produk XL7 setelah era bersama varian Escudo.

“Mirip XL7 sebelumnya, kami menyebutnya sebagai SUV, bukan crossover. Kendati XL7 punya platform sama dengan Ertiga. Varian XL7 merupakan format SUV baru. XL7 sekaligus solusi bagi pemilik Ertiga dan APV yang ingin ‘naik kelas’ sebelum ke Vitara atau S-Cross. XL7 sebagai salah satu solusi SUV dari sekian banyak yang ada di pasar otomotif Indonesia,” jelas Harold.

Kendati satu platform, PT SIS tetap melakukan diferensiasi di antara keduanya sehingga kedua model ini tidak saling mengkanibalisasi segmen konsumennya. “Suzuki XL7 dan Ertiga berbeda pasarnya. Kami rancang sedemikian rupa, caranya dengan diferensiasi kedua produk tersebut di pasar,” jelas Harold saat sesi “Ngobrol Bareng Mobil123” di kanal media sosial Facebook Mobil123 secara live pada Kamis sore, 23 April 2020.

Ground clearance tinggi menjadi salah satu fitur unggulan New Suzuki XL7

Menurut Harold, upaya diferensiasi itu dijabarkan dalam beberapa aspek, yakni segmen, harga, fitur, karakteristik konsumen, dan feeling berkendaranya. Secara model meski sama-sama memuat 7-penumpang, namun ditegaskan beda jenis. “Secara model dan segmen, New Ertiga diposisikan sebagai MPV (Multi Purpose Vehicle) dan XL7 adalah SUV. Lalu harganya juga berbeda dan feeling berkendaranya dipastikan juga berbeda,” ucap penggemar olahraga lari ini.

Selain itu, sebagai sebuah SUV, karakter tangguh dan fungsional yang tersedia di XL7 namun tidak dimiliki oleh Ertiga. Seperti fitur e-mirror dan ground clearence yang tinggi. Kedua itur ini menurut Harold, sebenarnya ubahan sederhana, tapi ‘impactful’ ke konsumen suzuki.

Fitur Smart E-Mirroring, dibutuhkan kaum wanita yang memudahkan mengendarai XL7

“Kami percaya konsumen pembeli New Ertiga beda dengan XL7. Karakteristik konsumennya juga sedikit berbeda. Kalau konsumen XL7 lebih urban dan cenderung kekotaan dengan anggota keluarga enggak sebanyak Ertiga,” imbuh Harold.

Terakhir di soal harga juga berbeda. Untuk on the road DKI Jakarta, New Suzuki XL7 ditawarkan mulai Rp 230 – 267 juta. Sedangkan New Suzuki Ertiga dibanderol seharga Rp 205 – 249 juta. Semuanya merupakan daftar harga yang berlaku untuk April 2020.

Original Article