Honda M-NV EV : Mobil Listrik Ketiga Berbasis HR-V

Honda M-NV EV : Mobil Listrik Ketiga Berbasis HR-V

Shared by Autonetmagz.com for IIMS

AutonetMagz.com – Perkembangan mobil listrik memang bisa dikatakan bak melesat dalam beberapa waktu terakhir. Oleh karenanya, tak usah kaget kalau sejumlah pabrikan berlomba meluncurkan mobil listrik. Salah satunya adalah Honda, yang dlaam kurun 1-2 tahun terakhir sudah meluncurkan beberapa mobil listrik, utamanya di China. Dan calon mobil listrik terbaru Honda di China yang digarap oleh Dongfeng-Honda adalah Honda M-NV Sport EV. Yuk kita bahas.

Kalau kalian perhatikan foto – foto dari Honda M-NV EV, maka mudah sekali menebak basis mobil ini. Yap, Honda M-NV EV dikembangkan dari basis Honda HR-V a.k.a XR-V a.k.a Vezel. Kalau kalian mengikuti situs ini dan merk Honda di China, maka kalian tentu tahu bahwa sudah ada 2 mobil listrik berbasis Honda HR-V. Keduanya adalah Honda VE-1 Sport EV dan Honda X-NV Sport EV. Nah, kalau dari kubu Dongfeng-Honda, sejatinya sudah ada Honda X-NV Sport EV, lalu untuk apa lagi ada Honda M-NV EV? Sepertinya hanya mereka yang bisa menjawab. Honda M-NV EV sendiri akan mengaspal secara resmi di Guangzhou Auto Show 2020 yang akan dimulai per 20 November 2020 mendatang.

Secara desain, Honda M-NV EV tampil dengan wajah baru yang tidak memiliki aura Honda sama sekali. Malahan, wajah depannya jadi mirip Hyundai Kona yang digabungkan dengan Seres SF5 milik Dongfeng. Eits, sama – sama Dongfeng sih. Lampu utamanya ada di sisi atas dengan model LED reflektor dan ada LED DRL yang bak menyambung dengan garis di grille-nya. Di bawah lampu utamanya ada lampu kedua yang berbentuk 3 garis diagonal, dugaan kami baian ini adalah lampu sein. Bumper-nya terlihat simpel namun dengan lekukan tegas di sisi samping dan radiator grille yang besar. Oiya, ada ornamen krom di sisi tengah yang memanjang di wajah depannya. Kap mesinnya juga dibuat mengikuti wajah depannya.

Pindah ke sisi samping, Honda M-NV EV menggunakan desain velg palang 5 berwarna gunmetal yang bernuansa Honda banget. Postur sampingnya masih sangat mirip dengan Honda HR-V, jadi kita lewati saja. Untuk bagian belakang, Honda M-NV EV masih menggunakan format lampu yang diturunkan dari XR-V dan X-NV. Bedanya, lampu belakang di Honda M-NV EV dibuat lebih sporty dengan detail baru dan permainan warna gelap di housing-nya. Bumpernya juga minimalis, didominasi warna hitam dengan aksen krom dan reflektos. Oiya, sekujur body mobil ini juga ada cladding berwarna hitam.

Kalau dibandingkan dengan kembarannya, yaitu Honda X-NV EV, mobil ini memiliki wheelbase yang sama, namun sedikit lebih bongsor. Masuk ke Interior, Honda M-NV EV juga masih menggunakan komposisi interior yang HR-V banget, hanya beda di beberapa ornamen saja. Sedangkan di sisi dapur pacu, Honda M-NV EV menggunakan motor listrik bertenaga 120 kW atau sekitar 163 hp dengan kecepatan maksimal di angka 140 km/jam. Belum jelas seperti apa spesifikasi lengkapnya, termasuk kapasitas baterainya. Namun Dongfeng-Honda mengklaim bahwa Honda M-NV EV mampu berjalan sejauh 480 kilometer dalam sekali pengisian daya.

Jadi, bagaimana tanggapan kalian terhadap sosok Honda M-NV EV?

Original Article