Hanya Ada 50 Unit Suzuki Karimun Wagon R Edisi Spesial 50 Tahun Usia Suzuki di Indonesia

Hanya Ada 50 Unit Suzuki Karimun Wagon R Edisi Spesial 50 Tahun Usia Suzuki di Indonesia

Shared by Thegaspol.com for IIMS

Tak terasa 50 tahun sudah Suzuki menemani konsumennya di Indonesia. Berawal dari memasarkan Suzuki Fronte yang dibawa bulat-bulat dari Jepang ke Indonesia pada akhir 1968 – 1969, kemudian Suzuki membuka korporasi jualannya di tanah air pada 1970.

Setelah era Suzuki Fronte di 1970-an, Suzuki kemudian meresmikan PT Suzuki Indonesia Manufacturing (SIM) sebagai basis kelegalan usahanya di tanah air untuk merakit mobil. Kemudian lahirlah produk-produk yang masih bisa dilihat hari ini seperti Carry ST20 dan Jimny LJ80 atau ‘Jimny Jangkrik’ meskipun populasinya mulai menipis.

Di 2020, sebagai bentuk selebrasi usianya lima dekade di Indonesia, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menghadirkan produk edisi terbatas, yakni Suzuki Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition. Hanya ada 50 unit yang dibuat Suzuki untuk konsumennya di Indonesia.

Hal ini sekaligus merevisi asumsi kami soal mobil limited edition Suzuki yang diluncurkan di ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 kemarin, Sabtu 10 Oktober. Sebelumnya kami menebak bahwa kendaraan limited edition yang dimaksud adalah Suzuki XL7, tapi ternyata keliru.

Pilihan citycar ini tentunya tepat, mengingat Karimun Wagon R merupakan kendaraan kecil berbasis LCGC (Low Cost Green Car) buatan Suzuki untuk masyarakat Indonesia. Banderolnya pun tak terlampau jauh, yakni Rp 150,5 juta untuk varian limited edition ini.

Yang menjadi oembeda dengan Karimun Wagon R versi massal adalah rancangan eksterior dibikin lebih sporty lewat berbagai sentuhan. Di fascia depan, aksen chrome pada lower grille dan bezel foglamp diganti kelir black piano. Tak hanya itu, direkatkan pula detail striping merah pada satu bilah lower grille yang segaris dengan lingkar fog lamp.

Permainan warna yang dilengkapi dengan decal menjadi ciri khusus ke 50 unit yang dijual. Sementara itu bagian eksterior juga ditambah dengan spoiler depan, side skirt, rear under spoiler, dan spoiler bagasi. Sebagai pamungkas, lingkar roda menggunakan pelek berkelir gunmetal yang dibungkus dengan karet bundar berukuran 175/65R14.

Sayangnya segenap ubahan di bagian luar tersebut tidak dilakukan Suzuki di bagian interiornya.

Menurut Seiji Itayama, Presiden Direktur PT Suzuki Indomobil Sales, peluncuran Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition ini merupakan bentuk apresiasi terhadap masyarakat yang telah mendukung Suzuki di Tanah Air.

“Eksistensi ini (Suzuki di Indonesia) selama 50 tahun tidak terlepas dari dukungan masyarakat dan pemerintah Indonesia. Untuk itu, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak atas dukungannya kepada Suzuki. Dalam rangka merayakan 50 tahun Suzuki di Indonesia, pada kesempatan ini kami mempersembahkan Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition,” ungkap Seiji Itayama.

Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition ini dibanderol mulai dari Rp 150,5 juta untuk varian manual. Sementara itu, versi AMT dapat ditebus dengan mahar Rp 159 juta. Sebagai catatan, edisi spesial ditawarkan dalam bungkusan kelir Pearl White Metallic. Ditotal hanya 30 unit bertransmisi manual dan 20 unit AMT. Sebagai tanda pemilikan limited edition, pembeli bakal mendapatkan sertifikat khusus.

Original Article