GM Jual Pusat Pengembangan Mesin Diesel di Turin

GM Jual Pusat Pengembangan Mesin Diesel di Turin

Shared by Autonetmagz.com for IIMS

AutonetMagz.com – Kabar kurang menyenangkan mengenai General Motors nampaknya masih belum selesai. Setelah sebelumnya menyatakan mundur dari pasar Indonesia, lalu disusul akan menutup merk Holden di Australia serta tidak lagi berjualan mobil di Thailand, kini GM kembali mengurangi fasilitas yang dimilikinya. Pusat pengembangan mesin diesel milik GM yang ada di Turin, Italia telah resmi dilepas dan dijual pada perusahaan asal Belgia.

GM Powertrain Europe, Turin

Fasilitas pengembangan mesin diesel yang berlokasi di Turin, Italia ini sendiri sebelumnya dikenal dengan nama GM Powertrain Europe. Fasilitas ini sudah beroperasi sejak tahun 2005 silam, alias sudah 15 tahun beroperasi. Tugas dari fasilitas ini adalah menjadi pusat dari pengembangan mesin diesel dan juga elektronik untuk GM. Fasilitas ini juga menjadi saksi bisu kolaborasi antara GM dan Fiat di masa lalu. Nah, pembeli fasilitas ini sendiri berasal dari Belgia, yaitu Punch Group. FYI, Punch Group merupakan perusahaan yang bergera di bidang supplier otomotif.

mesin 3.000cc LM2 6 silinder segaris Duramax Diesel

Nah, transaksi antara GM dan Punch Group sendiri juga menyetujui adanya kesepakatan dalam hal engineering services, dimana Punch Group akan mendukung program produk global dari GM hingga akhir tahun 2021 mendatang. Secara kasar, walaupun sudah resmi dibeli Punch Group, fasilitas ini akan di tetap mendukung produk – produk GM hingga 2021. Pihak GM juga menjambin bahwa para pekerjanya tidak akan kehilangan pekerjaan mereka walaupun terjadi transaksi ini. Para karyawan GM di fasilitas ini secara otomatis akan ‘ditransfer’ ke Punch Group, dan menjadi karyawan mereka.

Punch Group sendiri menyebutkan, selain mendukung GM hingga tahun 2021, pihaknya juga akan melakukan reposisi perusahaan dengan mengacu pada perkembangan segmen mobil baru. Jadi, nantinya GM tidak hanya satu – satunya client yang akan dilayani oleh Punch Group. Punch Group akan menyediakan solusi untuk kebutuhan mesin dan transmisi bagi pasar global. Fasilitas pengembangan mesin diesel ini sendiri sebelumnya bertugas untuk mengembangkan beberapa mesin, termasuk mesin 3.000cc LM2 6 silinder segaris Duramax Diesel. Jika kalian menggemari american truck, maka kalian tentu tahu mesin ini adalah mesin Chevy Silverado dan GMC Sierra.

Jadi, bagaimana menurut kalian langkah yang diambil oleh GM?

Original Article