Foton Da Jiang Jun G9 : Copy Paste Ford F-150 Raptor

Foton Da Jiang Jun G9 : Copy Paste Ford F-150 Raptor

Shared by Autonetmagz.com for IIMS

AutonetMagz.com – Sebagai salah satu pecinta otomotif, tentunya kami tidak akan pernah mengesampingkan pasar otomotif China yang dalam beberapa tahun terakhir perkembangannya cukup pesat. Namun, memang kadang ada beberapa kebiasaan lama pabrikan China yang membuat kami geleng – geleng kepala. Tentunya kalian tahu kan kebiasaan apa itu? Yap, melakukan copy paste pada produk yang sudah ada namun dengan ubahan yang sangat minor. Dan kebiasaan ini kembali terjadi di merk Foton.

Beberapa waktu yang lalu, pihak Foton yang merupakan anak perusahaan dari BAIC memperkenalkan sebuah double cabin bongsor dengan nama Foton Da Jiang Jun G9. Nama ‘Da Jiang Jun’ sendiri memiliki arti ‘The Big General’ alias Jenderal Besar. Coba perhatikan foto mobil ini, dan kalian tentu tahu kan mobil apa yang dijiplak? Yap, jelas sekali mobil ini menjiplak Ford F-150 Raptor. FYI, Foton Da Jiang Jun G9 akan menjadi salah satu bintang Foton di Beijing Auto Show 2020 yang akan dihelat akhir bulan ini. Entah apakah nantinya Ford yang kebetulan juga beroperasi di China juga akan menuntut Foton karena kemiripannya yang cukup banyak dengan produk mereka atau tidak.

Yang jelas, Foton dan Ford tidak berada dalam 1 payung yang sama di China. Foton ada di bawah payung BAIC, sedangkan Ford memiliki dua JV di China yaitu Jiangling (JMC) dan Changan. Jadi, jelas kasusnya berbeda dengan Ruichi dan Nissan Navara. Bahkan, ukuran dimensi dari Foton Da Jiang Jun G9 kabarnya serupa dengan Ford F-150 Raptor, niat sekali. Di sisi desain, pada sisi fascia, memang jika kita lihat sekilas maka tidak akan terlalu banyak perbedaanya. Namun, kalau kalian perhatikan, lampu utamanya berbeda. Walaupun komposisinya mirip, namun bentuk lampu utama mobil ini berbeda dengan Ford F-150 dan F-150 Raptor generasi ke-13. Jika di versi Ford ada guratan body di tengah lampunya, maka di versi Foton lebih flat, lampu saja.

Ford F-150 Raptor Gen 13

Namun, grille D-Cab Foton ini jelas meniru miki Ford, termasuk shape kap mesinnya dari depan. Area bumper depan jelas berbeda dengan Ford F-150 Raptor, lebih menyerupai versi F-150 biasa. Hanya saja, lampu kabut di Foton Da Jiang Jun G9 lebih besar. Foton juga menempatkan logo mereka dengan warna merah di sisi tengah grille, walaupun ukurannya tidak sebesar milik Ford. Sayangnya belum ada cukup foto dari Foton Da Jiang Jun G9 untuk melihat apa saja kemiripan dan perbedaanya dengan Ford F-150. Oiya, yang jelas, jika Ford F-150 Rapor menggunakan mesin 3.500cc V6, Foton Da Jiang Jun G9 hanya menggunakan mesin 2.000cc Turbo 4 silinder bensin dan 2 unit mesin diesel 2.000cc dan 2.500cc. Transmisi yang akan digunakan oleh mobil ini adalah lansiran ZF dengan 8 percepatan.

Lalu, mengapa Foton berani memperkenalkan Foton Da Jiang Jun G9 dengan cue design ala F-150? Bisa jadi karena mereka tahu bahwa Ford akan menjual F-150 generasi ke 14 di tahun depan. Tapi ini baru cocoklogi kami saja. Bagaimana menurut kalian?

Original Article