Forum Masyarakat Bikers dan Transportasi Indonesia, Desak Pemerintah Wujudkan Kapal Ro Ro Dumai – Malaka

Forum Masyarakat Bikers dan Transportasi Indonesia, Desak Pemerintah Wujudkan Kapal Ro Ro Dumai – Malaka

Shared by Zonabikers.com for IIMS

Para biker yang mengatasnamakan dirinya Forum Masyarakat Bikers dan Transportasi Indonesia, mendesak pemerintah untuk segera mewujudkan terealisasinya Kapal Ro Ro Dumai – Malaka.

Tersiarnya kabar tentang bakal adanya kapal Ro Ro Dumai – Malaka, sejatinya sudah terdengar sejak tahun 2019 lalu. Bahkan, direncanakan pada akhir tahun 2019 lalu kapal yang menghubungkan dua negara satu rumpun ini sudah beroperasi.

Namun sayang, hingga saat ini kapal tersebut belum juga beroperasi. Padahal, hadirnya kapal Ro Ro tentunya tidak hanya memudahkan para bikers yang hobi touring lintas negara saja. Adanya moda transportasi tersebut pun diharapkan dapat menambah tingkat pendapatan ekonomi negara dengan kemudahan transportasi yang cepat.

“Sebelumnya untuk menyebrang ke Malaysia untuk menuju Thailand atau ke Brunai Darussalam, perlu biaya yang sangat besar dan tingkat keamanan yang sangat rendah. Karena hanya menggunakan kapal motor biasa dan pengangkutan sepeda motor pun sangat tidak aman.” Jelas Bro Gunadi seorang biker yang menjadi salah satu sosok yang terus mengawal terwujudnya kapal Ro Ro tersebut.

Saat ini, Bro Gunadi bersama rekannya sesama biker yang tergabung dalam Forum Masyarakat Bikers dan Transportasi Indonesia meminta segera pemerintah untuk meresmikan kapal Ro Ro Dumai – Malaka.

Beberapa waktu lalu, forum ini melakukan perbincangan secara virtual bersama komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Diterima oleh anggota komisi V DPR RI, Sukur H. Nababan, para biker ini kembali mendapatkan kabar baik.

Sukur Nababan dalam diskusi tersebut ngambil kesimpulan bahwa, telah ditetapkan Pelabuhan Penyeberangan Bandar Sri Junjungan, Dumai yang dikelola Dishub Provinsi Riau sebagai pelabuhan yang akan dioperasikan penyelenggaraan Lintas Penyeberangan Dumai-Malaka pada Tahun 2020 triwulan-III

“Untuk itu Perlu menyiapkan sarana serta Sumber Daya Manusi yaitu custom, immigration, quarantine and security (CIQS) sebagaimana persyaratan pelabuhan yang terbuka untuk perdagangan luar Negeri/internasional” Ujar Sukur.

Selain itu Perlu peningkatan kapasitas fasilitas dermaga di Pelabuhan Penyeberangan Bandar Sri Junjungan berupa breasting dolphin dan mooring dolphin serta trestle untuk mengakomodir Kapal 3000 GT dan Perlu kajian terhadap komiditi unggulan yang akan dibawa ke Malaysia melalui kapal Ro Ro.

Selanjutnya Sukur Menjelaskan untuk mengantisipasi pergerakan angkutan penumpang dan angkutan barang akibat beroperasinya Ro-Ro Dumai – Malaka maka menurut Sukur Nababan perlu disusun dan dirumuskan formulasi SOP Operasional Ro-Ro Lintasan Dumai – Malaka untuk angkutan penumpang dan barang.

Dalam satu kesempatan, Bro Gunadi memastikan rencana peresmian kapal Ro Ro Dumai – Malaka bakal digelar pada pertengahan tahun 2021. Bro Gunadi bersama rekan-rekannya mengajak serta masyarakat Indonesia, untuk terus mendesak pemerintah untuk segera mewujudkan kapal Ro Ro tersebut demi kemajuan dan kemudahan transportasi Indonesia.

“Mari bersama kita kawal upaya ini, semoga kapal Ro Ro ini segera terwujud dan memudahkan masyarakat dalam bertranportasi,” pungkas Bro Gunadi.

The post Forum Masyarakat Bikers dan Transportasi Indonesia, Desak Pemerintah Wujudkan Kapal Ro Ro Dumai – Malaka appeared first on Zonabikers.com.

Original Article