Filter Udara Kotor, Hati – Hati Banyak Ruginya

Filter Udara Kotor, Hati – Hati Banyak Ruginya

Shared by Gilamotor.com for IIMS

Gilamotor.com – Filter udara menjadi komponen cukup penting pada sepeda motor, pasalnya filter udara memiliki fungsi sebagai penyaring udara bebas dari luar yang masuk ke ruang bakar.

Filter udara juga punya beberapa jenis bahan diantaranya Urethane foam (busa), Dry paper (bahan dasar sejenis kertas), dan Viscous paper element (bahan dasar sejenis kertas yang dilapisi oli). Penyaring udara jenis ini dilapisi oli yang mampu menyaring udara lebih bersih dan menangkap debu dari udara luar.

(Baca juga: Buaya Muara Hantarkan Ducati Panigale V4R Mengaspal di Indonesia)

Bahkan kini Filter udara sudah ada yang terbuat dari bahan kawat tau leebih dikenal degan filter racing dengan tingkat kerapatan sangat kecil, bukan berarti bebas perawatan Gilmoters. Masing masing punya keunggulan dengan fungsi yang sama yaitu menyaring debu atau kotoran dari luar.

Untuk pilihan balik lagi ke biaya yang kalian sudah siapkan. Harga murah dan mahal tentunya kalian harus tetap melakukan pembersihan rutin filter udara. Kotoran yang menumpuk pada filter udara membuat suplai udara ke ruang bakar jadi terhambat, sehingga proses pembakaran di ruang bakar jadi tidak maksimal.

Dan berakibat performa sepeda motor pun jadi berkurang dan tarikan mesin menjadi berat Gilmoters. Bahkan bisa membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih boros. Logikanya nih saat filter udara kotor volume udara akan terhambat masuk ke ruang bakar sehingga campuran antara bahan bakar dan udara jadi tidak seimbang. Volumenya akan lebih banyak bensin dibanding udara sehingga bensin yang terbakar jadi sia-sia.

Untuk masalah perawatan terbilang mudah ko Gilmoters, filter udara jenis viscous paper element tidak disarankan untuk disemprot meggunakan kompresor udara bertekanan atau dicuci karena dapat menghilangkan lapisan oli yang ada di saringan udara.

Agar tidak ada penurunan performa motor, Gilmoters harus lakukan pemeriksaan saringan udara setiap servis berkala dan penggantian dilakukan apabila sudah kotor atau setiap kelipatan 16.000 km.

Sementara untuk Filter udara racing Gilmoters bisa membersihkannya menggunakan air sabun dan sikat lalu dikeringkan. Kini mulai peduli deh dengan perawata filter udara agar perfoma motor dan isi dompet bisa tetap terjaga dengan baik Gilmoters.

Original Article