Electric Starter Tidak Berfungsi, Jangan Buru-buru Vonis Penyebabnya Adalah Aki Soak!

Electric Starter Tidak Berfungsi, Jangan Buru-buru Vonis Penyebabnya Adalah Aki Soak!

Shared by Autos.id for IIMS

Seringkali kita memprediksi bila masalh electric starter pada sepeda motor disebabkan oleh aki soak? Ternyata ini salah!

Jakarta, Autos.id – Mungkin hanya motor-motor jadul atau keluaran lama saja yang tidak dilengkapi dengan electric starter atau penghidup motor secara otomatis, namun sekarang ini sudah tidak ada lagi motor yang tidak dilengkapi dengan bagian tersebut. Electric starter sendiri memiliki fungsi yang dirasa penting karena dapat memudahkan pengendara motor untuk menghidupkan kendaraan selain dengan menggunakan kickstarter atau engkol.

Hanya saja, terkadang ada keadaan di mana electric starter tersebut tidak dapat berfungsi secara optimal alias mati dan kebanyakan orang akan mengira bahwa permasalahan itu berasal dari aki yang mulai aus. Walaupun ada benarnya, namun tidak selalu electric starter mati disebabkan oleh aki yang sudah rusak atau waktunya ganti.

Berikut ini adalah beberapa komponen pada motor yang dapat menyebabkan tombol electric starter tidak dapat berfungsi maksimal selain disebabkan oleh aki.

Sekring putus

Sekring atau fuse yang terdapat pada motor juga dapat menjadi penyebab electric starter ngadat. Fuse sendiri bertugas dengan memanfaatkan kawat tipis untuk menjadi indikator munculnya aliran listrik berlebih. Ketika ada aliran listrik besar, maka kawat tersebut akan terputus secara otomatis. Ketika kawat pada fuse putus, maka rangkaian kelistirkan menuju starter juga terkendala.

Switch starter bermasalah

Hampir sama dengan fungsi fuse, switch starter atau bendik juga berfungsi sebagai penyambung dan pemutus arus listrik. Tanda-tanda switch starter rusak, maka akan muncul bunyi “krek .. krek” saat kabelnya disambungkan. Dan saat switch starter bermasalah, maka electric starter otomatis tdak berfungsi.

Arang kumparan rusak

Arang kumparan pada motor sendiri memiliki fungsi untuk menyambung arus listrik ke bendik. Ketika arung kumparang rusak dan habis tergerus, maka otomatis tidak ada daya listrik yang tersalur dan menyebabkan aliran menuju electric starter pun tidak berjalan sebagain mana mestinya.

Rangkaian kabel bodi motor tidak terhubung

Ketika eceltric starter tidak berfungsi, maka ada kemungkinan rangkaian kabel bodi tidak tersambung secara sempurna atau ada yang putus. Oleh karena itu, periksa terlebih dahulu rangkaian kabel tersebut sebelum memutuskan untuk memvonis salah satu komponen di dalam motor, termasuk aki.

Jadi ada beberapa macam penyebab electric starter tidak bekerja secara maksimal dan Anda jangan terburu-buru untuk mengganti salah satu komponen apabila bagian tersebut terkendala.

Original Article